Sosbud

Terdampak Covid-19, Polres Siak Bantu Masyarakat dengan Bebek Petelur

SIAK, RIAULINK.COM - Dampak pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan masyarakat menengah kebawah, khususnya mereka yang tidak berpenghasilan tetap. Tak ingin warga kesusahan makan selama wabah virus Corona ini, Polres Siak memberikan bantuan sembako, bibit tanaman serta bebek petelur.

Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanajaya mengatakan meski tugas utama Polisi itu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, namun polisi juga memiliki sisi humanis dan peduli dengan masyarakat di lingkungannya.

"Tidak hanya bahan pokok yang kita bantu masyarakat, tetapi kita juga memberikan modal dan bekal keterampilan untuk dijadikan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 ini," kata Kapolres Siak, Jumat (15/5/2020).

Dijelaskan Kapolres, 400 paket bahan pokok yang dibagikan itu dapat digunakan langsung oleh masyarakat. Sementara bibit tanaman seperti jagung, cabe, sayur-sayuran serta bebek petelur perlu waktu untuk mendapatkan hasilnya.

"Untuk menyemaikan bibit itu ada kita sediakan lahan seluas 5 hektar. Silahkan ditanam bersama di sana, dan hasilnya juga bisa dimanfaatkan bersama. Demikian juga 200 ekor bebek petelur, silahkan dikembangkan dengan baik," ujar AKBP Doddy F Sanjaya.

Polres Siak juga memberikan pelatihan kepada masyarakat yang menerima bantuan tentang cara beternak bebek dan mengolah telur bebek menjadi telur asin.

"Polres Siak Selalu siap membantu masyarakat yang terdampak Covid - 19 dan masyarakat yang membutuhkan. Saat ini kita harus saling bahu membahu, saling bantu dan saling bekerja sama karena kita ketahui bersama bencana wabah Covid - 19 ini entah kapan berakhirnya," ujar Kapolres.

Menurutnya, bantuan Bebek petelur dan bibit tanaman yang diberikan kepada masyarakat dapat menstimulasi keinginan masyarakat mengembangkan usaha dan ikut membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan.

Kegiatan sosial ini juga serentak berlangsung di masing-masing Polsek se Kabupaten Siak. Bahkan ada juga Polsek yang memberikan bantuan berupa bibit Ikan.

"Semoga bantuan ini dapat membantu secara ekonomi dan berkesinambungan. Bersama kita berdoa agar bencana ini segera berakhir. Kami tidak bosan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap dirumah saja, jaga kebersihan, selalu mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik, gunakan masker dan tidak mudik, bersama kita cegah penyebaran Covid-19," tutup AKBP Doddy. (Wahyu/***)