Metropolis

Hari Ini Kuansing Mulai Bagikan BST dari Kementrian Sosial

KUANSING, RIAULINK.COM - Bupati Kuantan Singingi H Mursini louncing penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari  Kementerian Sosial RI kepada masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Rabu (13/5/2020) di kantor pos Teluk Kuantan.

Penyerahan BST Kemensos oleh Bupati Kuansing  turut di dampingi  Plt Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SPMD), Napisman.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Kuantan Singingi H mursini mengatakan, "Alhamdulillah, penyaluran Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI, mulai disalurkan hari ini melalui kantor kantor pos yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi kepada 7.827 KK penerima sesuai jadwal yang ditentukan oleh PT Pos Indonesia," ucap Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati H Mursini berharap agar bantuan sosial dari Kemensos RI ini bisa bermanfaat dan meringankan beban ekonomi masyarakat ditengah terjadinya pandemi Covid-19, terutama di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Ini adalah bantuan sosial dari Pemerintah melalui Kemensos, tolong dimanfaatkan dengan sebaik baiknya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, tetap jaga kesehatan, dan mari kita sama sama berdo'a semoga wabah penyakit ini segera berlalu," harap Bupati.

Pada kesempatan yang sama Andesta kepala Kantor pos Rengat - kuansing. Mengatakan "Pembayaran bantuan sosial tunai(BST) dari Kementerian Sosial yang direncanakan pada tanggal 5 kemarin tapi karena adanya kesibukan pihak Polres dengan kegiatan yang lainnya, dan baru kemarin kita mendapat izin dan hari ini baru kita dapat melakukan pembayarannya dan Bapak bupati pun ada waktu untuk launcing dengan penyerahan bantuan ini.

Adapun cara pembayaran bantuan sosial tunai ini kita bagi 5 kantor pos cabang yaitu cerenti, basrah, taluk kuantan, lubuk jambi dan muara lembu, dari data tercatat penerima sebanyak 7.827 kk seluruh kabupaten kuantan Singingi, dan kita juga mematuhi protokol Covid-19 dan terutama anak-anak tidak boleh datang dan di jadwalkan setiap loket melayani 200 orang/hari hal ini mengindari dari kerumunan, papar Andesta.

Ditempat terpisah kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nafisman saat di konfirmasikan mengatakan kepada awak media dalam rangkan penyaluran perdana Bantuan Sosial Tunai dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui kantor Pos berjumlah Rp 600.000/KK selama tiga bulan  di semua kantor pos di Kabupaten Kuantan Singingi, penyalurannya di mulai dari pulul 11 siang -13.00 Wib yang diatur oleh PT Pos.

Sebagian Data besar data berasal dari data terpadubdi Dinas Sosial dari awalnya dan ditambah yang diusulkan dari pemerintah desa yang disampaikan ke dinas sosial dan diteruskan ke Menterian Sosial,  data ini merupakan tugas kita untuk mengoreksi dan mencatat bagi yang sudah mampu akan kita keluarkan dari data penerimaan bantuan tersebut, tapi itu semua perlu proses, jadi untuk bantuan dan datanya sudah tepas sasaran, ujar Nafisman.

Dengan harapan bisa membantu kehidupan masyarakat kita yang terdampak Covid-19 dan mudah-mudahan ini kerupakan coveran penyaluran awal yang nantinya akan ada bantuan susulan ditingkat Desa BLT DD, dan Bansos tingkat Kabupaten, tutup nafisman.

Terakhir dalam kesempatan yang sama camat kuantan Tengah Agus Siswanto juga mengatakan " kami atas pemerintahan kecamatan kuantan tengah sangat gembira sekali karena dengan kondisi Covid-19 yang berdampak luar biasa tidak hanya dari aspek kesehatan tapi yang lebih terdampak dari masyarakat dari aspek ekonomi, dengan adanya bantuan ini akan bisa membantu kebutuhan masyarakat yang benar-benar terdampak dan mudah -mudahan kita kita berharap akan segera disusul bantuan dari Provinsi, kabupaten dan dana desa yang sudah direncanakan.

"Untuk BLT DD Deaa sudah verifikasi dan meningkatkan mekanisme di desa lebih ketat dan harus di buka di forum musyawarah Desa khusus sehingga kita yakin apa yang di usulkan pemerintah desa adalah memang orang-orang yang berhak menerima bantuan tersebut," tutup Camat Kuantan Tengah.(Ijk)