Kesehatan

PDP Covid-19 Rohil Meningkat, Disinyalir Dampak Tranmisi Lokal

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Rokan Hilir mengalami peningkatan. Secara hitungan kumulatif di hari sebelumnya berjumlah 6.882 orang, hari ini angka itu bertambah menjadi 7.016 orang. Dari total jumlah tersebut, 5.832 orang telah selesai menjalani masa pemantauan.

” Yang masih dalam pemantauan sebanyak 1.184 orang ” kata Jubir Covid-19 Rohil, H.Ahmad Yusuf, dalam pers rilisnya yang dikirimkan kepada sejumlah wartawan liputan yang biasa stay di Media Center Tanggap Covid-19 Rohil, Jalan Perwira Bagansiapiapi, Senin (11/5/2020).

Sementara 2 orang PDP yang kemaren masih di isolasi di RS Santa Maria dan RS Bhayangkara pekanbaru sudah di pulangkan karena hasil swab nya negatif.

Dijelaskannya pula, hari ini ada 7 orang PDP baru dengan rincian 4 orang di isolasi di RS dr. RM Pratomo Bagansiapiapi , 2 orang di RS Aulia Pekanbaru dan 1 orang di isolasi di RSJ Tampan pekanbaru.

” Dengan demikian  total PDP sampai saat ini secara kumulatif menjadi 28 orang terdiri dari 17 orang PDP sudah di pulangkan karena hasil swab negatif. 4 orang meninggal dunia hasil swab nya juga negatif dan yang masih di isolasi sebanyak 7 orang menunggu hasil swab,” papar Sekdinas Kesehatan Rohil ini.

Pemkab melalui Satgas Tanggap Covid-19 Gugus Tugas Rohil, Tetap mengingatkan kepada semua masyarakat untuk tetap disiplin mengikuti anjuran pemerintah dan patuh dengan protokol kesehatan.
Karena data ODP dan PDP di daerah itu pada saat ini sangat dinamis sehingga masyarakat harus extra hati-hati, dan tetap serius dalam upaya memutuskan mata rantai penularan covid-19.

“karena beberapa kasus yang terjadi tidak lagi hanya kasus impor yang  berasal dari luar negeri, tapi sudah banyak kasus yg terjadi karena transmisi lokal, kita harus secara bersama sama bertekad untuk berusaha terhindar dari penularan virus corona,” ujarnya.

Ia juga berharap semoga dengan upaya dan doa bersama badai pandemi corona itu segera berakhir.

“Selamat menjalankan ibadah puasa, tetap semangat dan selalu berhati hati,” pungkasnya. Dgt