Nasional

Update Corona di Indonesia 5 Mei: 12.071 Positif, 872 Meninggal, 2.197 Sembuh

Ilustrasi. Int

RIAULINK.COM - Pemerintah kembali memperbarui data jumlah pasien positif virus corona di Indonesia. Per Selasa (5/5), jumlah pasien positif bertambah 484 orang, sehingga total kini ada 12.071 terjangkit corona.

"Kasus konfirmasi positif bertambah 484 orang, sehingga total 12.071 orang," kata juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (5/5) sore

Jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal pun bertambah 8 orang. Sehingga jumlah pasien meninggal menjadi 872 orang.

Kabar baiknya, jumlah pasien Virus Corona yang sembuh bertambah 243 orang, menjadi 2.197 orang.

Produksi alat kesehatan (alkes) di dalam negeri untuk penanganan COVID-19 kini tengah digenjot. Menristek Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro meminta agar Kemenkes segera memberikan izin kepada industri yang akan memproduksi alkes terkait corona.

Karena, lanjut dia, sesuai instruksi Presiden Jokowi untuk menyetop impor alkes dan mulai memproduksi di dalam negeri. Pihak yang ingin membantu produksi alat kesehatan kini meminta dibantu percepatan izinnya.

"Tetap memang diperlukan beberapa dorongan dan penguatan, misalnya dari Kemenkes. Di samping percepatan izin, jadi memang isunya bukan kepada hambatan tapi perlu percepatan," kata Bambang dalam rapat kerja bersama komisi VI, VII dan IX melalui video conference, Selasa (5/5).

"Karena bagaimana pun isu COVID-19 adalah isu yang sensitif terhadap waktu. Kapan pun siap, alat itu harus dipakai. Terkait kecepatan perizinan, yang kami harapkan semacam perlakuan khusus," jelasnya.