Ekonomi

Pandemi Covid -19, Bupati Rohul Tegaskan Ketersedian Pangan Aman

ROHUL, RIAULINK.COM - Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ikuti Vidcon bersama Kementrian Dalam Negeri bersama beberapa Mentri yang dilaksanakan pada selasa (07/04/2020),di rumah dinas Bupati.

vidcon tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (sekda) Rokan Hulu, Kadis Kominfo Rohul, Kadis Perizinan, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kadis Ketahanan Pangan, Direktur RSUD Rohul.

Dalam vidcon bersama Kemendagri ini menjelaskan tentang langkah yang akan dilakukan dalam penanganan dampak Pandemi Covid-19,baik segi tanaman pangan, perindustrian, ketanaga kerjaan, Kesehatan,Perdagangan,Perizinan, bersama Kemendagri, Kementrian Perikanan, BUMN, BKPM dan Gubernur serta Bupati / Wali Kota Dari Kabupaten Jawa dan Sumatra demi memberikan langkah terbaik bagi masyarakat terutama dalam mengatasi permasalahan Covid-19 ini.

Saat ini pemerintah telah bertindak cepat dalam penanganan Covid-19 yang ditandai dengan kesiapan dalam segala segi, baik masalah pangan yang sudah dipersiapkan,masalah perindustian serta ketanaga kerjaan yang juga sudah siap mengeluarkan izin bagi masyarakat terutama masalah kartu pra  kerja.

adapun yang menjadi perhatian utama dalam penyampaian ini adalah masalah pangan,sebab kehawatiran masyarakat akan kekurangan pangan dikarenakan adanya program Pemerintah menghimbau masyarakat untuk sementara waktu berdiam diri dirumah, akan tetapi hal ini telah disampaikan mentri pertanian bahwa untuk saat ini ketersedian pangan masih aman hingga beberapa bulan kedepan.

Menanggapi hal ini Pemerintah Kab.Rokan Hulu saat ini juga sudah mempersiapkan segala kemungkinan terutama masalah pangan Beras,yang sudah dipersiapkan sesuai kebutuhan masyarakat Rokan Hulu hingga 4 Bulan Kedepan, serta juga sudah mempersiapkan stock ketersedian pangan jika diperlukan dalam tahun 2020 ini.

Seperti yang disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19,Drs.Yusmar mewakili Bupati Rokan Hulu H.Sukiman bahwa kebutuhan beras di Rohul pertriwulan membutuhkan beras sebesar 18.000 Ton, sedangkan hasil panen beras per Januari hingga Maret berkisar diantara 24.000 Ton,dan masih mencukupi kebutuhan beras di Rokan Hulu hingga 4 bulan kedepan atau sampai juni 2020.

Sementara itu,demi memastikan ketersedian stock beras aman, maka Pemkab Rohul melalui Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultiura telah memberikan bantuan benih padi Varietas Infari ke 33 kelompok tani, bantuan dari APBN Sebanyak 37.650 kg untuk ditanamkan di 1.506 Ha areal persawahan di Rohul.

"dari areal persawahan yang ada di Rohul saat ini masih berpotensi menghasilkan panen sekitar 4 sampai 5 Ton /Ha. Atau 7.530 Ton dan diperkirakan panen pada bulan Juli 2020 mendatang,tentu bisa dipergunakan untuk menyambung stock ketersedian pangan  di Rokan Hulu," ungkap Yusmar.

Yusmar selaku Juru Bicara Pemerintah Rohul terkait Masalah Covid-19 juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik dan khawatir akan kekurangan pangan beras, apa lagi sampai memborong  untuk stock dirumah.

"cukup membeli sesuai kebutuhan perbulan saja sebab di daerah kita sejauh ini untuk stock beras masih aman dan terkendali," tutup Yusmar.