Lingkungan

BMKG : 11 Titik Panas Terpantau di Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pada tanggal 6 April 2020, pukul 06.00 pagi, citra satelit mendeteksi sebanyak 11 titik panas atau hotspot di Provinsi Riau.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Bibin Sulianto mengatakan, jumlah hotspot di Riau pada pagi ini terbanyak di Pulau Sumatera.

"Total hotspot di Sumatera hari ini ada sebanyak 28 titik panas, yang terdiri dari Sumatera Selatan 6 titik panas, Kepulauan Riau 10 titik panas, Bangka Belitung 1 titik panas, dan Riau 11 titik panas," kata Bibin di Pekanbaru, Senin (6/4/2020).

Adapun 11 titik panas di Riau tersebut, kata Bibin, tersebar di Kabupaten Kepulauan Meranti 5 titik panas, Indragiri Hilir (Inhil) 4 titik, Pelalawan dan Indragiri Hulu (Inhu) masing-masing 1 titik panas.

Apabila mengacu pada Satelit LAPAN, level confidence atau tingkat kepercayaan titik panas maupun titik api ini dibagi menjadi riga kategori yakni rendah, sedang dan tinggi.

Jika dikonversi ke dalam persentase berturut-turut adalah 0-29 persen untuk level confidence rendah, 30-79 persen untuk level confidence sedang dan 80-100 persen untuk level confidence tinggi dapat diduga sebagai titik api.

"Kali ini tidak ada titik panas yang dapat diduga kuat sebagai titik api. Sebab sebelas titik panas ini berada dilevel confidence rendah dan sedang," tukasya.