Metropolis

Cegah Covid-19, Seluruh Angkutan Umum Wajib Masuk Terminal Dumai 

DUMAI, RIAULINK.COM - Berdasarkan hasil rapat koordinasi Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah melalui Asisten III Sekdako Dumai, Khairil Adli dengan seluruh pemangku kepentingan pelayanan jasa angkutan penumpang umum, Pemerintah Kota Dumai mengambil kebijakan.

Kebijakan tersebut dilaksanakan di ruang Kadishub Kota Dumai, Asnar pada 1 April 2020 lalu dengan menginstruksikan kepada seluruh angkutan penumpang umum di Kota Dumai untuk masuk terlebih dahulu ke Terminal Tipe A (TTA) terhitung sejak 3 April 2020 kemarin.

Kesepakatan ini diambil demi mencegah penyebaran Covid-19, yang akan dimulai dari TTA Dumai kemudian ditandatangani secara bersama.

Adapun pemangku kepentingan tersebut yang hadir di antaranya Dishub Kota Dumai, Dinas Kesehatan Kota Dumai, Polres Dumai, Organisasi Angkuta Darat (Organda) Kota Dumai, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) IV selaku Pengelola TTA Dumai dan Dishub Provinsi Riau.
 
Mendengar hal itu, BPTD IV Riau-Kepri sangat mendukung langkah Pemko Dumai demi mengantisipasi Virus Corona dengan memusatkan seluruh aktivitas angkutan penumpang umum di TTA Dumai.

"Dan kami pun (BPTD IV) kami akan mendukung seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan sumber daya kami," kata Efrimon, Kasi Lalu Lintas Angkutan Jalan BPTD IV Riau-Kepri usai rapat.

Dijelaskan Efrimon, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Bidang Tranportasi Darat.

"Nantinya SOP ini akan kita terapkan dalam mendukung kebijakan Wali Kota Dumai,"kata Efrimon.

Sebagai titik sentral dan awal, seluruh kendaraan angkutan penumpang baik itu antar kota antar provinsi (AKAP), antar jemput antar provinsi (AJAP), antar kota dalam provinsi (AKDP) serta para penumpang juga akan menjalani  pemeriksaan suhu tubuh serta penyemprotan disinfectan.

"Khusus bagi kendaraan, seluruh operator bertanggungjawab atas penyemprotan disinfectan bagi kendaraan masing-masing, baik ketika kedatangan maupun keberangkatan,"kata Efrimon tegas.

Untuk penumpang, dijelas Efrimon akan dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pendataan, hal ini akan dilaksanakan bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai yang juga akan membawa tenaga medis berikut dengan peralatannya.

Senada disampaikan Khairil Adli. Ia berharap semua pemangku kepentingan bersama-sama bersinerji dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Karena di sinilah (TTA) awal dari seluruh pergerakan masyarakat kita,"ucap dia sembari berpesan. (Kll)