Lingkungan

Racik Sendiri, Satgas Labuhan Tangga Kecil Semprotkan Disinfektan Kerumah Warga

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Pasca dibentuk beberapa hari lalu,Tim relawan Satuan Tugas (satgas) Tanggap Covid-19 Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil langsung melakukan aksi positif dengan menyemprotkan disinfektan keruma warga. Kamis (02/4/2020), uniknya cairan disinfektan itu diracik sendiri oleh personel Satgas itu.

Ketua Satgas Relawan Covid-19 Labuhan Tangga Kecil, Eduar Adi mengatakan, peyemprotan disinfektan ini merupakan upaya pencegahan awal dalam menghadapi penyebaran virus corona di wilayah Kepenghuluan itu.

“Untuk tahap awal hari ini kami meracik disinfektan sebayak 100 liter untuk seratus rumah warga,” kata Eduar Adi

Ada sekitar 700 rumah warga yang diprogramkan satgas akan di disinfektan ” kegiatan ini kami programkan selama seminggu, dimulai pada hari ini,” imbuh Penghulu Labuhan Tangga Kecil ini.

Disamping itu Eduar Adi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Labuhan Tangga Kecil khususnya agar senantiasa mentaati himbauan Pemerintah dan membudayakan cuci tangan serta hidup bersih.

“Kami juga menghimbau seluruh masyarakat Labuhan Tangga Kecil khususnya, untuk mematuhi himbuan pemerintah demi kebaikan kita bersama,” tegas Eduar Adi

Pemerintah Desa setempat juga berencana mendirikan posko siaga covid-19, dengan harapan warga yang pulang dari perantauan atau berpergian keluar daerah dapat melapor ke posko tersebut.

“Kita akan mendirikan posko satgas dengan tujuan setiap warga yang datang dari luar daerah akan dilakukan cek kesehatan di posko tersebut,” paparnya

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Kepenghuluan (BPKep) Labuhan Tangga Kecil, Masrul Gusti yang turut hadir,menambahkan, pihaknya akan selalu memantau dan mendampingi aparatur Kepenghuluan dalam menjalankan kegiatan tersebut.

“Hal ini juga sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Surat Edaran Gubernur Riau untuk pengunaan dana desa dalam pencegahan corona dan Desa Tanggap Siaga Covid-19,” terang Masrul Gusti.

Intinya tambah Masrul Gusti, masyarakat di tingkat kepenghuluan perlu diberikan pemahaman tentang tata cara penyebaran, pencegahan dan bahaya Covid 19 tersebut.

“Saya pikir masyarakat kepenghuluan perlu memahami cara Pencegahan, penularan dan dampak dari penularan Covid 19 itu sendiri, setelah memahami, kita berharap akan timbul rasa tanggung jawab masyarakat untuk bersama-sama melawan virus Corona ini,” pungkas Masrul. Dgt