Lingkungan

Basahi Kota, Pekanbaru Dibagi 4 Zona

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terlihat benar-benar serius dalam menangani peristiwa terjadinya penyebaran virus Covid-19 yang sudah masuk dalam bangsa Indonesia. 

Keseriusan itu terjawab dengan dikeluarkannya Surat Telegram (TR) Kapolri. Dimana Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memerintahkan kepada seluruh kasatker/kasatwil dan jajaran Polri untuk penyemprotan disinfektan serentak dan masif pada Selasa 31 Maret 2020 pagi .

Perintah tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1008/III/KES.7./2020 tertanggal 27 Maret 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mewakili Kapolri.

Senada dengan Polda Riau, terlihat dilokasi titik kumpul di Jalan Jendral Sudirman Tugu Zapin kerumunan massa yang ikut dalam penyemprotan disinfektan sebagai tanda masyarakat Riau serius juga dalam memerangi virus Covid-19 tersebut. Selasa pagi (31/3/2020)

Dari pantauan wartawan RiauLink dilokasi, seluruh kalangan masyarakat baik dari instansi pemerintah, swasta, serta masyarakat biasa bersemangat berjibaku dalam penyemprotan ini.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat diwawancarai mengatakan sebanyak 1.845 personil yang dilibatkan dalam penyemprotan Disinfektan yang dilakukan oleh TNI Polri bersama Pemerintah Provinsi Riau & Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Sebanyak 88 mobil kendaraan yang dilibatkan dalam penyemprotan Disinfektan di area Pekanbaru, dimana 88 mobil penyemprotan terdiri dari mobil brangwir dan mobil Armoured Water Canon (AWC) yang selalu digunakan dalam pengendalian massa. Hari ini mobil AWC kita pakai untuk menyemprotkan Disinfektan," ujar Agung, Selasa kepada RiauLink.com (30/3/2020).

Selain itu, terdapat 400 personil khusus yang menyemprotkan Disinfektan ke wilayah-wilayah kampung, yang tidak bisa dijangkau oleh mobil.

"Hari ini seluruh Kota Pekanbaru menjadi 4 Zona. Dan 4 Zona tidak hanya menyentuh di jalan raya atau area publik saja, tetapi juga diperkampungan yang tidak bisa dijangkau oleh mobil," ungkapnya

Agung berharap, penyemprotan secara masif dan menyeluruh ini bisa sebagai upaya untuk memutus penularan virus Corona di Pekanbaru.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar dalam kata sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan penyemprotan yang di taja Polda Riau tersebut. 

"Perlu saya sampaikan pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada pak Kapolda yang menginisiasi kegiatan ini, ini dalam rangka ikhtiar kita bersama-sama baik dari TNI Polri dan kami tahu bapak ibu sudah bekerja keras sampai ke desa-desa sampai ke RT-RT dan ini adalah ikhtiar kita semua, mudah mudahan virus covid-19 ini tidak berkembang di Riau ini, " pungkasnya sembari menutup sambutannya. (Df)