Lingkungan

PT Sambu Group kembali Serahkan Alat Pemadam Kebakaran ke Upika Kateman

INHIL, RIAULINK.COM - PT. Pulau Sambu Guntung kembali menyerahkan bantuan sejumlah peralatan pemadam kebakaran guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kali ini, bantuan tersebut diserahkan kepada unsur Pimpinan kecamatan (Upika) Kateman, yang di serahkan langsung kepada Kapolsek Kateman Kompol Imron Teheri, S,Sos, MH dalam hal ini mewakili unsur Pimpinan kecamatan Kateman di Halaman Polsek Kateman, Minggu (29/3/2020) Siang.

Bantuan yang diberikan berupa 1unit Honda Gxh Portable 1,5 (Jinjing), 1 Pc Coupling Pemadam 1,5/adaptor, 1 Pc Nozzle Pemadam 1,5" dan 1 pc double nipple, 1 roll selang pemadam 1,5 x 20 M, 3 M selang kawat 1,5" ,1 Pc saringan dan kleman saringan, 10 roll selang pemadam 1,5" x 30 m.

Alat- alat yang diberikan dalam keadaan baru dan siap di operasikan dengan nilai barang sejumlah Rp. 26.750.000,-.

Humas PT. Pulau Sambu Kahar Mz, menyebut bahwa pemberian bantuan berupa peralatan pemadam kebakaran merupakan bentuk kepedulian PT.Pulau Sambu Guntung, terhadap upaya penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang kerap berulang di Kabupaten Inhil.

"Ini juga wujud kesadaran sekaligus dukungan kami dari PT. Pulau Sambu Guntung, bahwa fenomena kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama.Tidak hanya dibebankan kepada beberapa pihak saja," Sebut Kahar usai penyerahan.

Selain itu, Kahar juga menyebutkan bahwa alat pemadam kebakaran portable juga diharapkan dapat berfungsi mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan secara maksimal karena lebih praktis dalam penggunaannya.

"alat pemadam portable juga lebih praktis untuk dibawa, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan," jelasnya Kahar.

Lanjutnya, Kahar berharap kedepannya agar Kabupaten Indragiri Hilir dapat terbebas dari fenomena kebakaran hutan dan lahan yang tentunya sangat merugikan daerah juga masyarakat secara luas.


Sementara, Camat Kateman Kamren S.Sos, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada manajemen PT Pulau Sambu Guntung atas bantuan peralatan pemadam kebakaran yang diberikan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di kecamatan Kateman.

Lanjutnya, Kamren menjelaskan bahwa pemberian bantuan alat pemadam kebakaran ini atas hasil kerja sama Unsur Pimpinan kecamatan Kateman (Upika), Danramil, Kapoksek, Pemerintah Kecamatan yang mengusulkan Proposal bantuan alat pemadam kebakaran kepada PT.Pulau Sambu Guntung.

Lebih lanjut, Kamren mentebut sangat mengapresiasi bantuan dari PT. Pulau Sambu guntung tersebut.

"Ini adalah Wujud kepedulian dari perusahaan PT.Pulau Sambu Guntung untuk mengatasi, mencegah dan menanggulangi karhutla yang terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri hilir, Khususnya di Kecamatan Kateman," ungkap Kamren.

Terakhir, Kamren menyebut bahwa penanggulangan bencana, termasuk bencana kebakaran hutan dan lahan, adalah urusan dan tanggung jawab bersama. 

"Melalui bantuan yang diberikan oleh PT Pulau Sambu Guntung, diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain," tutupnya.