Riau

Update Covid-19 di Riau 29 Maret: 7.114 ODP, 71 PDP dan 1 Pasien Meninggal

Ilustrasi. Int

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) Virus Corona (Covid-19) di Riau terhitung 3-29 Maret mencapai 7.114 atau bertambah 1.678 dari sebelumnya hanya 5.436 orang.

Dari 7.114 ODP tersebut, 97 orang selesai pemantauan dan sisanya sebanyak 7.017 orang masih proses pemantauan petugas kesehatan.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga mengalami peningkatan 12 orang. Dari 85 orang menjadi 97 orang.
Dari angka itu, sebanyak 71 orang masih dirawat, dan 25 orang sudah pulang, dan 1 orang meninggal.

Diberitakan sebelumnya Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Sabtu (28/3/2020)
 mengatakan, meningkatnya angka ODP di Riau karena tak hanya warga Riau dari Malaysia yang ditetapkan tetapkan sebagai ODP, tapi bagi warga yang baru pulang dari Jakarta juga ditetapkan ODP.

"Tak hanya warga Riau yang baru pulang dari Malaysia kita tetapkan sebagai ODP. Tapi warga yang baru pulang dari Jakarta kita tetapkan sebagai ODP," katanya.

Lebih lanjut Gubri menyampaikan, dalam mengantisipasi warga Riau yang baru pulang dari Malaysia, pihaknya minta semua kepala dinas kesehatan kabupaten/kota yang penduduknya

"Jadi bagi saudara kita yang baru pulang dari Malaysia, mereka harus dicatat dan diisolasi secara mandiri selama 14 hari," ujarnya.

Kemudian, Gubri meminta petugas kesehatan harus untuk memonitor setiap hari terkait perkembangan warga yang baru pulang dari Malaysia.

"Seandainya ada warga yang sakit segera ditangani. Karena protokol kesehatannya seperti itu, jadi tidak bisa kemana-mana selama 14 hari itu harus di rumah," tutupnya.