Kesehatan

Keterbatasan APD, Petugas Puskesmas di Dumai Diminta Pakai Jas Hujan

Ilustrasi.net

DUMAI, RIAULINK.COM - Kota Dumai memiliki keterbatasan dan kekurangan alat pelindung diri (APD) untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Apalagi saat ini jumlah orang dalam pantauan (ODP) dan pasien dalam pantauan (PDP) Dinas Kesehatan Kota Dumai kian bertambah, membuat Diskes mengambil langkah agar petugas medis khususnya di puskesmas menggunakan jas hujan.

"Untuk itu kita instruksikan agar petugas medis menggunakan jas hujan saat menangani ODP,"ungkap Sekretaris Diskes Kota Dumai, dr Syaiful, Sabtu (28/3/2020) melalui sambungan telepon selulernya.

Ia menambahkan saat ini kenaikan jumlah ODP dan PDP dikarenakan adanya pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia, salah satu di antaranya ada yang berasal dari Dumai.

Selama dua hari pemulangan WNI pada Kamis, 26 Maret 2020 dan Jumat 27 Maret 2020 lalu ada lima orang yang merupakan warga Dumai.

"Tentu saja mereka masuk dalam daftar ODP kita (Diskes), karena baru kembali dari negara yang terpapar Covid-19,"sebut Syaiful.

Namun Pemko Dumai sudah melakukan upaya semaksimal mungkin untuk menangkal penyebaran Covid-19 dengan cara menyemprotkan disinfektan dan menyediakan bilik sterilisasi (ruang antispetik otomatis) atau automatic antiseptic chamber.

"Dan para WNI juga sebelumnya sudah mengantongi HAC ( health alert card) atau kartu waspada kesehatan di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun,"ucapnya.(Kll)