Lingkungan

Pasangan Suami Istri di Pekanbaru Bagi-bagi Masker Gratis Buatan Sendiri

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Ditengah sulitnya mendapatkan masker saat wabah virus korona atau covid-19 melanda Indonesia, pasangan suami istri di Kota Pekanbaru secara swadaya membuat masker dari kain oxpord dan memberikannya secara gratis kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran virus korona.

"Proses pembuatan dimulai dari menggunting bahan kain yang akan dibuat untuk masker, dari satu meter kain bisa dihasilkan sebanyak 20 lembar masker. Kemudian kain yang sudah di potong selanjutnya dijahit, usai dijahit dan membentuk masker, kemudian pada bagian sisi dipasang tali," kata Ridho Ikhsan, yang merupakan pengrajin masker, Kamis (26/3/2020)

Semua dikerjakan di rumahnya yang beralamat di Jalan Bunga Raya, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya. 

"Untuk sementara ini, ada dua jenis masker yang dihasilkan, yaitu untuk anak-anak dan untuk orang dewasa, untuk orang dewasa ada pilihan seperti masker yang tali panjang, untuk memudahkan wanita yang berjilbab dalam menggunakan masker dan tali pendek," jelasnya.

Dalam sehari pasangan suami istri tersebut bisa menghasilkan 30 helai masker dan akan diberikan kepada masyarakat sekitar secara gratis.

Kedepan mereka berencana mengajak masyarakat sekitar untuk bergabung dalam membuat masker sehingga bisa menghasilkan masker dalam jumlah banyak. Kendala dalam proses pembuatan hanya pada bahan kain yang mulai menipis di pasaran karena tingginya permintaan. (WAN)