Peristiwa

Kapolres Dumai Patroli Tempat Keramaian Malam

DUMAI, RIAULINK.COM - Menindaklanjuti maklumat Kapolri, Jenderal Idham Aziz dan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi agar bisa memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga tidak meluas dan berkembang serta menjadi gangguan terhadap kantibmas, Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira memimpin patroli skala besar di Kota Dumai, Senin, 23 Maret 2020 malam lalu.

Kapolres bersama personel gabungan dari semua kesatuan di Polres Dumai dengan mengutamakan keselamatan saat bertugas serta mengedepankan sikap profesional dan humanis mendatangi sejumlah lokasi, tempat keramaian dan berkumpulnya masyarakat Kota Dumai.

Pada kegiatan itu, Kapolres sembari memberikan imbauan dengan menggunakan pengeras suara terkait antisipasi pencegahan Virus Corona atau Covid-19.

Dalam imbauannya itu, Andri mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak terlalu penting. Juga tidak mengunjungi tempat keramaian.

"Bahkan jangan bepergian keluar negeri termasuk keluar daerah yang terjangkit Covid-19,"sebut Kapolres mengingatkan.

Kemudian ia meminta untuk masyarakat agar menyayangi dirinya sendiri dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat. 

Lalu patuhi pelaksanaan social distancing (pembatasan sosial) demi kesehatan dan keselamatan bersama. 

"Dengan melaksanakan kegiatan di rumah, baik itu berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta jangan lupa beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing,"ungkap dia.

Setop lakukan penyebaran berita bohong (hoax) apalagi sumbernya yang tidak jelas sehingga menimbulkan kepanikan bagi warga. 

"Pokoknya rekan-rekan harus mematuhi  Peraturan Pemerintah sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran  Covid-19,"ucapnya lagi mengingatkan.

Selain itu dirinya juga membubarkan masyarakat yang tengah berkumpul atau di tempat salah satu pusat jajanan kuliner di Kota Dumai, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Dumai Timur.

Menurut dia jika tujuan masyarakat untuk makan ia menyarankan setelah makanannya dihabiskan sebaiknya segera pulang ke rumah. 

"Kami bekerja untuk masyarakat dan masyarakat diminta untuk tetap di rumah, ini dilakukan untuk semua, untuk Indonesia,"sebutnya.

Ia juga menyebutkan, patroli serupa juga akan dilakukan seluruh Polsek di Kota Dumai guna menjaga keselamatan masyarakat Dumai.

"Karena keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama, namun kita juga menginginkan kerjasama seluruh masyarakat demi terhindarnya dari penyebaran Covid-19 ini,"pungkasnya.(rls/kll)