Riau

Antisipasi Covid-19, KPU Inhu Riau Tunda Tiga Tahapan Pemilu

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida SE M.Si

PEKANBARU, RIAULINK.COM - 

Tidak hanya berdampak pada proses belajar mengajar di sekolah, wabah Corona Virus (Covid-19) juga berdampak pada kelangsungan Pemilu Kada (Pemulihan Umum Kepala Daerah) tahun 2020.


Salah satunya di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.Yang mana, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Inhu memutuskan untuk menunda beberapa tahapan Pilkada di dearah itu.


"Ada tiga tahapan Pemilu yang kita lakukan penundaan, yakni pelantikan PPS, verivikasi faktual calon perseorangan, dan tahapan pemutakhiran data pemilih," kata Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida, Senin (23/3/2020) di Pematang Reba.


Penundaan tahapan Pemilu ini, menindak lanjuti Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 8 tahun 2020 tentang pelaksanaan keputusan KPU Nomor 179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020.


Dan Keputusan KPU Nomor 179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020, tentang penundaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota tahun 2020.


"Penundaan tersebut, tidak lain guna mengantisipasi penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat, termasuk di lingkungan KPU Inhu," tutur Yenni.


Dan saat ini, KPU Inhu tengah menggelar rapat pleno untuk menindak lanjuti surat edaran dan keputusan KPU RI tersebut, serta salinan akan disampaikan terhadap instansi terkait. 


"Hasil pleno penundaan tahapan ini atau kepurusan ini, nantinya akan kita sampaikan terhadap seluruh instansi terkait, dalam hal ini Bawaslu Inhu, Pemkab Inhu, Polres, TNI dan Kejari Inhu," terangnya.


Terkait apakah penundaan tahapan ini akan berdampak pada pelaksanaan Pemilu yang akan digelar pada, 23 September 2020 mendatang, Yenni mengaku tentu akan berdampak. 


"Tentu akan berdampak, namun demikian kita akan melakukan penyesuaian, hingga terbitnya Surat  Edaran selanjutnya dari KPU RI," tutur Yenni, sembari berharap warga Inhu terhindar dari virus Covid-19.(Jef)