Kesehatan

Corona Masuk Siak, Dua Orang Dinyatakan Pasien Dengan Pengawasan

SIAK, RIAULINK.COM - Pemerintah Kabupaten Siak membeberkan adanya dua Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Covid-19 atau lebih dikenal sebagai suspect Corona.

Satu pasien ditangani oleh RSUD Tengku Rafian yang merupakan pasien kiriman dari Kabupaten Pelalawan. Sedangkan satunya lagi dirujuk ke RS Eka Hospital Pekanbaru, provinsi Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Tony Chandra membenarkan hal tersebut, ia mengaku bahwa ada pasien suspect Corona di Siak.

"Memang ada Pasien Dengan Pengawasan Covid-19 di RSUD Siak, namun pasien merupakan kiriman dari Kabupaten Pelalawan. Karena pasien dirujuk ke provinsi tidak ada tempat, jadi dirawat di sini. Sambil menunggu persiapan di Pelalawan selesai nanti dikirim kembali," Kata Tony dalam Konferensi Pers, Jumat (20/3/2020) di Mess Pemda jalan Hangtuah.

Lanjut Tony, pasien kiriman itu baru pulang dari Umroh. Kemudian pasien mengalami demam dan batuk.

"PDP Covid-19 itu kita cek ke laboratorium, saat ini belum tahu hasilnya," Jelasnya.

Sedangkan satu orang suspect Corona yang dirujuk ke Eka Hospital itu, merupakan Karyawan PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) di Kecamatan Tualang.

"Kami dapat informasi, pasien tersebut adalah karyawan Indah Kiat baru pulang dari Jakarta. Dia melayat ada keluarganya yang meninggal karena kasus Covid-19. Ternyata anak yang meninggal juga terinfeksi Corona. Jadi dia melakukan kontak dengan penderita Covid itu," Terang Tony.

Ditambah Tony, pasien tersebut telah menjalani pemeriksaan temperatur suhu badan dan dinyatakan pasien dengan pengawasan.

"Sekarang pasien sudah dirujuk ke Eka Hospital. Tentunya untuk memastikan kalau dia penderita Covid-19 kita menunggu hasil dari laboratorium," Tutupnya. (Wahyu)