Riau

Kunjungi Lokasi Banjir, Syamsuar : Sifat Gotong Royong Harus Dijaga

RIAULINK.com - Bupati Siak Syamsuar mengunjungi lokasi banjir di Kampung Langkai, Kecamatan Siak, Kamis (6/12/2018) Siang. Dalam kunjungan tersebut Syamsuar mengingatkan agar masyarakat tidak manja dengan situasi banjir, dengan tidak mengharapkan pemerintah sepenuhnya dalam mengatasi banjir.

"Masyarakat jangan terlalu manja dengan banjir, jangan menunggu pemerintah untuk mengatasi banjir. Masyarakat bisa saja membersihkan lingkungan terutama yang di depan rumah mereka ada parit," kata Syamsuar, saat dijumpai di lokasi banjir di Kampung Langka Kecamatan Siak Sri Indrapura, Kamis (6/12/2018).

Syamsuar juga meminta masyarakat untuk bergotong royong membersihkan parit-parit dan ia juga mengingatkan kepada pihak kampung dan kecamatan agar proaktif dalam hal menangani bencana seperti banjir.

"Sifat gotong royong harus selalu dijaga, kalau tidak dijaga seperti ini jadinya banyak sampah menumpuk sehingga pembuangan air jadi tersumbat mengakibatkan banjir," kata Syamsuar.

Sementara itu, kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman (PU Tarukim) Siak Irving Kahar mengatakan, saat ini pihaknya telah menurunkan alat berat untuk menormalisasi parit.

"Kita sudah turunkan alat berat di 5 lokasi, yakni Rawang Air Putih, Mempura, di daerah Islamic, Langkai dan kolam hijau Buantan Besar,"  kata Irving.

"Kita tidak mau ketika banjir seperti ini, baru disampaikan. Kita minta proaktif pihak setempat," lanjutnya.

Irvin juga mengakui, bahwa pihaknya telah menganggarkan normalisasi parit sepanjang 201 Km setiap tahunnya.

"Sampai saat ini telah kita lakukan sampai bulan Oktober. Untuk mengatasi banjir, Dinas PU melakukan normaliasi untuk kecamatan Siak 4 kali, Tualang 3 kali, Sungai Apit 3 kali dan kecamatan lain ada yang 2 kali dan 1 kali, tergantung tingkat potensi banjir di daerahnya masing-masing," kata Irving.