Nasional

Pancasila Acuan Berperilaku Rakyat Indonesia

Ketua MPR zulkifli hasan

RIAULINK.com - Pancasila tidak sebatas ideologi dan dasar negara, melainkan juga sebuah kesepakatan bersama yang menjadi acuan berperilaku rakyat Indonesia sehari-hari.

Begitu terang Ketua MPR Zulkifli Hasan saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Wisma Nugraha, Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (5/12).

Dia menjabarkan, pada Pancasila ada sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Ini merupakan acuan bagi rakyat Indonesia untuk berperilaku sesuai agama yang dianutnya.

“Jadi, ketika ada rakyat yang menjalankan ajaran agamanya, itu artinya pancasilais,” terangnya.

Sementara sila “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”, lanjut Zulkifli harus menjadi acuan rakyat Indonesia untuk berlaku adil dan memanusiakan manusia tanpa pandang bulu, dengan adil dan penuh keadaban.

Sedang sila “Persatuan Indonesia” merupakan acuan rakyat Indonesia untuk selalu menjaga persatuan, bukan mengkotak-kotakan rakyat.

"Jangan sampai karena beda pilihan capres, persatuan menjadi retak dan menjadi sebab dan alasan untuk saling berpecah belah, itu sangat tidak pancasilais," pungkasnya di hadapan ratusan anggota Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).