Politik

Pilkada Dumai 2020, PPP Kantongi Nama Kandidat yang Direkomendasikan ke DPW

DUMAI, RIAULINK.COM - Partai politik saat ini tengah melakukan proses penjaringan terhadap para balon Wako dan Wawako Dumai 2021-2026 yang sudah mendaftar ke parpol. 

Salah satunya ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Dumai. Para balon yang sudah mendaftar, ada 15 orang.

"Dan saat ini nama yang sudah mendaftar sudah kita kirim ke DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) untuk diseleksi,"ucap Ketua DPC PPP Kota Dumai, Syamsul Bahri baru-baru ini kepada riaulink.com.

Menurut dia, PPP akan mengakomodir kepada putra-putri terbaik Dumai, yang nantinya akan diputuskan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Ini kita lakukan sebagai bentuk komitmen yang mengusung politik tanpa mahar dan politik tanpa syarat,"papar dia lagi.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada para balon, agar mengabaikan oknum-oknum tertentu yang ingin memanfaatkan dengan mengatasnamakan partai berlambang Ka'bah ini.

“Kami menghimbau kepala Balon, jangan mengubris kepada oknum oknum tertentu yang memanfaatkan serta mengatasnamakan PPP dan nantinya adalah murni keputusan DPP untuk menentukan siapa Balon yang akan diusung,” tegasnya saat beberapa waktu yang lalu.

Dikatakan dia, sebagai partai yang memiliki tiga kursi di legislatif, sudah tentu partainya harus berkoalisi dengan parpol lain sebagai syarat khusus untuk mengusung calon kepala daerah.

"Dan sampai saat ini, kita masih membuka komunikasi dengan parpol lain. Namun itu tadi, semua keputusan ada di tangan pusat, sama siapa kita (PPP) akan berkoalisi dengan melalukan pengerucutan,"jelas Syamsul.

Ia sempat mengaku, ada 10 nama yang disampaikan ke DPW, di antaranya sembilan nama balon wako dan seorang balon wawako.

Namun ada empat nama balon wako dan wawako yang dilakukan pihaknya untuk mengetahui polling masyarakat dari segi elektabilitas dan popularitas para balon dengan menggandeng salah satu lembaga survei. 

Bahkan sudah diundang oleh DPW, dari empat nama tersebut di antaranya Paisal, Hendri Sandra, Zulkarnain, Gamal Abdul Nasir dan seorang balon wawako Amris.

Dikatakan Syamsul lagi, ada dua kandidat dari kalangan birokrat yakni Paisal dan Hendri Sandra. 

"Dan keduanya punya peluang yang cukup besar. Namun kembali lagi itu semua tergantung keputusan pusat siapa yang pantas kita usung,"terang dia menimpali.

“Sementar untuk jadwal pengumumannya kandidat yang akan diusung, insyaallah pada bulan Maret ini DPW akan memutuskan siapa yang akan direkomendasikan ke DPP,” pungkasnya.(Kll)