Metropolis

Walikota Dumai Ajak Warga Luangkan Waktu untuk Membaca

Keterangan foto : foto bersama kepala daerah usai mengukuti Rakornas Bidang Perpustakaan RI di Jakarta

DUMAI, RIAULINK.COM - Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah mengikuti rapat koordinasi Nasional (Rakornas) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI).

Dengan mengangkat tema 'Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Budaya Literasi untuk mewujudkan SDM Ungul menuju Indonesia Maju'.

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Kanarvian yang diikuti oleh 1500 peserta selama tiga hari, sejak Selasa, 25 Februari sampai Kamis, 27 Februari 2020. 

Adapun rakornas bertujuan untuk menuntut para pustakawan dalam mengkolaborasikan sumber-sumber informasi sehingga masyarakat memperoleh kecakapan keterampilan yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan.

Oleh Pemerintah Pusat, provinsi, kabupaten dan kota se Indonesia didorong untuk membangun perpustakaan di tingkat kelurahan atau desa.

Menurut Zul AS, keberadaan perpustakaan  memiliki peranan penting dalam menumbuhkan minat baca masyarakat. 

"Keberadaannya turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Termasuk di dalamnya perpustakaan desa (perpusdes),”ujar dia dalam keterangan resmi akun officialnya di Facebook.

Menurut Wali Kota Dumai kebijakan Pemerintah Pusat tersebut, selaras dengan apa yang telah di lakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.

Beberapa waktu yang lalu, kata Zul AS, Pemko Dumai baru saja mengukuhkan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Dumai.

“Kita berharap, ini adalah langkah baik guna terus menjaga spirit kita untuk mewujudkan SDM Dumai yang unggul, masyarakatnya Makmur dan maju,” sembari menambahkan untuk jangan lupa membaca.

Ia juga mengatakan, apalagi saat ini perlu adanya literasi untuk menghadapi perkembangan teknologi.

Sementara itu literasi merupakan istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Makanya di dunia pendidikan, literasi individu harus kita galakkan begitu juga di kalangan masyarakat, karena memang inilah yang diharapkan, yakni mewujudkan SDM yang unggul,"ucapnya mengingatkan.

“Jadi sesibuk apapun itu, mari luangkan waktu untuk membaca,”pintanya mengakhiri.(Kll)