Metropolis

Catat, PWI Rohil Sudah 21 Orang Lulus UKW

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Ketua PWI Rohil, Nopri Sandi, meminta seluruh anggota kompak menjalankan roda organisasi secara bersama-sama sesuai dengan PDRT PWI. Bahkan Sandi juga mengajak semua anggota PWI untuk ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi yang belum. Sejauh ini kusus Rohil anggota PWI yang terdaftar telah mengikuti UKW  berjumlah 21 orang dan dinyatakan sudah berkopetensi sesuai jenis tingkatannya masing-masing. Demikian dikatakan Noprio Sandi,ST Kamis, (27/02/2020). 

Jumlah tersebut sebenarnya ada 24 orang, hanya saja ada beberapa yang pindah domisili ke luar daerah dan nama tetap terdaftar di situs PWI.

Ia menjelaskan, bahwa Kabupaten dan Kota di Riau sudah menerapkan Edaran Dewan Pers bahwa media kerja sama dengan Pemda setempat wajib memiliki wartawan yang sudah UKW dan memiliki media yang telah terverifikasi. 

Reporter minimal memiliki sertifikat Muda sedangkan Pimred wajib Utama. "Riau hanya Rohil yang belum namun kita tetap akan menyampaikan hal ini ke Pemda setempat terkait penegasan edaran Dewan Pers ini," jelas Noprio Sandi yang juga Dosen STAI Ar Ridho ini.
 
Lebih lanjut Noprio Sandi mengatakan bahwa PWI membuka diri bagi para wartawan ingin bergabung dan membuka informasi selebar-lebarnya jika ada penerimaan anggota baru maupun tes UKW. "Kita bahkan berencana membuat Pra UKW di Rohil nantinya jika ada PWI Riau atau Kabupaten lain akan menggelar UKW," ujar Sandi.

Terkait UKW, Standar kompetensi wartawan dibuat dengan memperhatikan pastisipasi masyarakat dan komunitas pers dalam prinsip keterbukaan. Penyusunannya melibatkan berbagai pihak seperti wartawan, organisasi pers, perguruan tinggi, tokoh pers, pengamat pers, lembaga pelatihan jurnalisme, perusahaan pers dan lembaga pemerintah terkait.

"Standar kompetensi wartawan menjadi bagian dari upaya yang sistematis dan terukur untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Standar ini menjadi sarana terbaik bagi wartawan untuk mengukur kemampuan, pengetahuan dan menegaskan posisi pentingnya di dalam perususahaan pers." Katanya mengakhiri.

Berikut Nama-Nama Anggota PWI Rohil yang telah UKW berdasarkan Tingkatannya:

1.Noprio Sandi ST,  ( Tingkat Madya)
2.Jonathan  Surbakti S.Sos( Tingkat Madya)
3. Amrial AMd (Tingkat Madya)
4. Dermawan (Tingkat Muda)
5.Amran S.Sos (Tingkat Madya)
6.Jhoni  Syahputra, SH (Tingkat Muda)
7. Zulfadli (Tingkat Muda)
8.Samsul Bahri (Tingkat Muda)
9.Masrul Gusti (Tingkat Muda)
10. M.Syawal Panggabean S.Kom (Tingkat Muda)
11.Dodi (Tingkat Muda)
12.Zaini (Tingkat Muda)
13.Jarmain (Tingkat Muda)
14. Hendra Dedi Stahbudi (Tingkat Muda)
15.Jaka Abdilah (Tingkat Muda)
16. Zulfan Efendi (Tingkat Muda)
17. Amsuan (Tingkat Muda)
18. Indra Junawan (Tingkat Muda)
19. Sutrisno (Tingkat Muda)
20. Abdul Rahman (Tingkat Muda).
21. Yan Faisal (Tingkat Muda).(Dgt)