Ekonomi

Tanami Lahan Kosong, BPN Rohil Panen Perdana 4 Ton Padi

ROKANHILIR, RIAULINK.COM - Badan Pertanahan Nasional BPN Kabupaten Rokan Hilir sudah melakukan panen padi perdana sebanyak 4 ton dari pemanfaatan lahan kosong seluas setengah hektare di sekitaran perkarangan perkantoran nya yang berada di Pusat Perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi.

Panen perdana tersebut dilakukan oleh Kepala BPN Rohil Rocky Sunoko bersama staf dan petani.

Kepala BPN Rohil Rocky Soenoko, SH M.Si, Kamis (27/02/2020) Mengatakan, selama ini lahan perkantoran BPN terlantar dan tidak terurus, untuk itu diri nya memanfaatkan lahan dengan luas setengah hektare itu untuk ditanam padi untuk masyarakat, padi yang ditanam ini ada tiga jenis padi yaknj Segudang, Sri Kuning dan jenis IR.

Rocky menjelaskan, dengan demikian secara langsung bisa membantu maysarakat tempatan dalam meningkatkan perekonomian. "Selain itu kita juga menyosialisasikan kepetani untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar," kata Rokcy.

"Kita Berharap Petani Kepada petani jika membuka lahan tidak dengan cara dibakar, tapi disisi lain, petani kesulitan jika membuka lahan dengan lahan yang belukar," kata Rocky.

Kepada Pemerintah Daerah lanjut Rocky Agar bisa membantu para petani alat berat paling tidak membuka lahan mereka agar petani bisa bertanam di lahan yang lebih luas.

"Hasil panen padi kita akan serahkan ke petani yang menanam, jika mereka jual kita akan beli sehingga hasilnya kita bagikan lagi ke maysarakat yang membutuhkan," katanya.

Sementara itu petani padi Mualim Rianto mengucapkan terima kasih kepada kepala BPN Rohil yang yang telah menyiapkan lahan sehingga bisa bercocok tanam dan menghasilkan saat ini.

"Kita sangat mengharapkan lahan yang lebih luas untuk bertani, tapi kami terkendala dengan membuka lahan, karena tidak dibolehkan dengan cara dibakar, jadi kami sangat berharap kepada pemerintah daerah membantu kami untuk menurunkan alat berat untuk membuka lahan sehingga kami bisa bertani," harap Rianto.(dgt)