Lingkungan

Puluhan Hektar Lahan Terbakar di Dumai

Keterangan foto : petugas tengah berjibaku memadamkan lahan terbakar si Sungai Sembilan

DUMAI, RIAULINK.COM - Hingga 25 Februari 2020, luas lahan yang terbakar di Kota Dumai mencapai 35 hektare (ha) yang tersebar di sejumlah kecamatan.

"Namun yang paling parah terjadi di Kecamatan Sungai Sembilan,"ucap Afrilagan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, kepada wartawan, Rabu (26/2/2020).

Diapun merincikan lahan yang terbakar di wilayah kelurahan pada Kecamatan Sei Sembilan, di antaranya Kelurahan Bansal Aceh seluas 6 ha, Lubuk Gaung 16 ha dan Tanjung Penyembal 0,5 ha.

Tak itu saja, untuk Kecamatan Medang Kampai seluas 6 ha dengan rincian Kelurahan Teluk Makmur 3 ha dan Guntung 3 ha.

Untuk wilayah Kecamatan Dumai Barat, luas wilayah yang terbakar yakni 3,25 ha, Bagan Keladi 1,25 ha. 

Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Dumai Barat seluas 3,25 ha, sedangkan lahan yang terbakar adalah  Kelurahan Purnama 2 ha, Bagan Keladi 1,25 Ha. 

Kemudian Kecamatan Dumai Timur ada 1,55 ha dengan rincian di Kelurahan Teluk Binjai 0,25 ha, Kelurahan Tanjung Palas 1 ha dan Kelurahan Bukit Batrem 0,3 ha.

Kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Dumai Selatan seluas 3,25 ha dengan rincian di Kelurahan Bukit Datuk 1,5 ha, Bukit Timah 0,75 ha, Mekar Sari 1 ha. 

Data tersebut hasil rekapitulasi dan laporan harian tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kota Dumai.

Guna melakukan pemadaman dan pendinginan, Tim Satgas Karhutla Dumai dengan kekuatan 50 personel terdiri dari BPBD, TNI Polri, RPK Wilmar, Manggala Agni Ops Dumai, Regdam DKPP, MPA Kelurahan dan Kecamatan berupaya keras melakukan pemadaman di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai.

Ia juga menambahkan, rencana giat Tim satgas Karhutla Dumai, pada hari ini yaitu melakukan upaya pemadaman di Kelurahan Teluk Makmur RT 04.

“Laporan yang kami terima api meluas akibat panas dan angin kencang. Untuk memadamkan api tim di perkuat oleh regu pemadam dari BPBD Dumai dua Regu, TNI Polri, Manggala Agni Ops Dumai, Regdam DKPP dan MPA Kelurahan maupun Kecamatan Teluk Makmur,”tukas lagan.(Rls/Kll)