Metropolis

Pemko Gesa Percepatan Perda RDRT Kota Dumai

Keterangan foto : Dirjen Tata Ruang Abdul Kamaruzaki menyerahkan dokumen percepatan RTDR dan peraturan zonasi kepada Wako Dumai Zul AS

DUMAI, RIAULINK.COM - Setelah perjalanan panjang dalam menyelesaikan peraturan daerah (Perda) rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kota Dumai,  akhirnya pada 31 Desember 2019 ditetapkanlah Perda Kota Dumai nomor 15 tahun 2019 tentang RTRW.

Kini kembali Pemerintah Kota Dumai, melakukan pembahasan mengenai rancangan peraturan daerah (Ranperda) rencana detail tata ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan dan Industri yang saat ini tengah berjalan.

Dimana ranperda tersebut ditargetkan oleh Pemko Dumai pada Mei mendatang sudah bisa ditetapkan sebagai Perda, sehingga segala persiapan pun dilakukan oleh pemerintah.

Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah mengatakan percepatan Perda RDRT sendiri merupakan instruksi Presiden RI Joko Widodo, pasalnya sebagai salah satu daerah tujuan utama bagi pihak investor (pelaku usaha) untuk berinvestasi, sudah seharusnya Dumai memeliki perda tersebut.

Hal ini mengacu pada Pasal 59 Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, setiap RTRW kabupaten dan kota harus menetapkan bagian dari wilayah kabupaten dan kota yang perlu disusun RDTR-nya. 

"Sebab hal tersebut menjadi dasar bagi Pemerintah Pusat melalui Ditjen Tata Ruang untuk melaksanakan pembekalan penguatan penyelenggaraan penataan ruang di setiap daerah,"ungkap Zul AS sapaan orang nomor satu di Kota Dumai ini mengingatkan baru-baru ini di ballroom Hotel The Zuri Dumai.

"Kita pun bersyukur pada saat membahas RDTR Kawasan Perkotaan Dumai di Jakarta beberapa waktu lalu, Dumai diberi kesempatan pertama dalam memberikan pemaparan mengenai kesiapan kita pada RRTR (rencana rinci tata ruang),"kata dia lagi.

Pada kesempatan itu pula ia mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta DPRD Kota Dumai yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan RDTR Kota Dumai ini.

“Semoga ikhtiar kita ini bisa selesai dengan baik dan memberikan manfaat seluas-luas nya bagi kesejahteraan warga kota kita,”pintanya.(Kll)