Lingkungan

Bupati Kampar Apresisasi Tim Gabungan Bergerak Cepat Padamkan Karhutla di Bangkinang

KAMPAR, RIAULINK.COM - Kebakaran lahan dengan luas sekitar 1 Hektar terjadi di Kawasan Stanum Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota Kampar, Rabu siang (26/2/2020)

Awalnya Kasat Sabhara AKP Ikwan Widarmono yang kebetulan sedang patroli bersama anggotanya, melihat kepulan asap muncul dikawasan Stanum Bangkinang dan langsung mendatangi lokasi sumber asap.

Setelah dicek ternyata ada kebakaran lahan semak belukar yang berdekatan dengan perumahan Stanum Kelurahan Langgini, kejadian ini langsung dilaporkan Kasat Sabhara kepada Kapolres Kampar dan ia juga langsung menghubungi Petugas Damkar untuk melakukan pemadaman.

Mendapat laporan ini Kapolres Kampar langsung perintahkan Kasat Sabhara dan Kapolsek Bangkinang Kota untuk terjunkan anggota ke lokasi, sementara itu Kapolres juga langsung berangkat bersama beberapa personel menuju lokasi.

Tidak berapa lama Kapolres Kampar sudah berada di lokasi dan berkoordinasi dengan Kapolsek Bangkinang Kota Iptu Era Maifo, untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaku pembakaran serta pemilik lahan yang terbakar ini.

Disamping itu Kapolres juga perintahkan anggota Sat Sabhara dan anggota Polsek, untuk secara bersama membantu Petugas Damkar melakukan pemadaman.

Berkat kesigapan petugas gabungan ini dalam waktu sekitar 1 jam api berhasil dijinakkan, sehingga tidak meluas ke areal sekitarnya yang merupakan kawasan semak belukar yang cukup rimbun.

Walaupun api sudah padam para petugas tetap melakukan penyiraman untuk pendinginan lahan, hal ini dimaksudkan agar api benar-benar padam pada lahan gambut yang terbakar ini.

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto bersama Ketua DPRD Kampar M. Faisal, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Aidil Amin dan Kajari Kampar Suhendri serta Kasatpol PP Nurbit juga menyusul datang ke lokasi untuk meninjau kebakaran lahan ini.

Bupati Kampar pada kesempatan ini memuji Tim Gabungan yang telah bekerja keras dan dengan cepat melakukan pemadaman sehingga kebakaran lahan ini tidak meluas.

"Kita bisa lihat disekitar lokasi kebakaran ini dipenuhi semak belukar yang cukup luas, untung petugas sigap dan api cepat dipadamkan", ungkap Bupati.

Sementara itu Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid menyampaikan bahwa pihaknya tengah melakukan penyelidikan terhadap pelaku pembakaran lahan ini, kita juga akan periksa pemilik lahan terkait kebakaran lahan ini dan apabila terbukti akan kita proses para pelakunya, ujar Kapolres.

Personel Polsek Bangkinang Kota juga telah memasang police line di sekeliling lokasi lahan bekas terbakar ini, disamping itu Kapolres Kampar juga Perintahkan Kapolsek untuk memasang plang pemberitahuan bahwa lahan ini dalam proses penyelidikan pihak kepolisian. (Denni F)