Hukrim

Camat Prihatian, Kasus Anak Dibawah Umur Seperti Virus

Ilustrasi.int

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Camat Bagan Sinembah Sakinah STTP MSi mengaku prihatin terhadap kasus yang melibatkan anak-anak dan perempuan di bawah umur.

Pasalnya, beberapa hari belakangan ini sederetan kasus anak muncul di Bagan Sinembah. Mulai kasus Sodomi para pelajar, kekerasan orang tua terhadap anak tirinya hingga yang terbaru adalah pencabulan terhadap perempuan dibawah umur.

"Baru kemarin saya turun menemui para korban, untuk memberikan semangat, eh.. hari ini muncul lagi kasus pencabulan anak di bawah umur. Udah kayak virus aja," ungkap Camat, Rabu (26/02/2020).

Untuk itu, Sakinah mengatakan akan segera melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait.

"Secepatnya saya kordinasikan dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) serta Dinas Sosial Kabupaten Rohil," kata camat.

Bahkan kata camat, langkah awal akan segera mengajak para Datuk Penghulu se Bagan Sinembah untuk tanggap.

"Setidaknya, para penghulu cepat tanggap, terhadap kasus yang sudah terjadi agar segera melakukan pembinaan terhadap korban agar tidak menjadi beban mental, dan sebagai pencegahan setidaknya dapat mensosialisasikan upaya pencegahan dengan mengajak warga untuk sama sama mengingatkan untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak," harapnya.

Sakinah juga mengatakan bahwa dia akan mencoba berkoordinasi dengan bupati dan DP2KBP3A agar dapat mendirikan kantor di Bagan Sinembah.

"Kasus seperti ini perlu adanya Psikolog, sebab tidak hanya mental anak yang terganggu, mental seluruh keluarga jadi korban," terangnya.

Namum, lanjutnya, upaya penyuluhan juga sangat penting dilakukan. "Marilah kita sama sama peduli terhadap keadaan ini, jangan sampai ada lagi kasus serupa, miris saya melihatnya," ungkapnya mengakhiri. (Dgt)