Pendidikan

Tim KKG Rohil Tengah Susuh Soal US SD/MI

ROKANHILIR, RIAULINK.COM - Penyusunan soal ujian sekolah (US) SD/MI bersama kelompok kerja guru (KKG) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun pelajaran 2019/2020 dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muhammad Nurhidayat SH. MH secara resmi di Hotel Armarosa Jalan Kecamatan batu empat Bagansiapiapi, Selasa (25/02/2020). 

Acara penyusunan Ujian Sekolah SD/MI se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun pelajaran 2019/2020 diikuti oleh sejumlah Kepala SD/MI Negeri dan swasta se Kabupaten Rokan Hilir yang berlangsung hingga Jumat (28/02/2020).

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar,"kata Kadisdik Rohil M.Nurhidayat.

Hal ini menindak lanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 43 Tahun 2019 tanggal 10 Desember 2019 tentang penyelenggaraan ujian yang di selenggarakan satuan pendidikan dan ujian nasional. 

Oleh sebab itu, kepada seluruh peserta diharapkan dapat menyusun dan menulis soal US berdasarkan panduan penyusunan soal Ujian, melakukan kisi kisi penulisan soal review dan revisi, perakitan soal uji coba soal hingga analisis kuantatif dan seleksi soal.

Kadisdik Rohil Muhammad Nurhidayat menegaskan ujian sekolah (US) yang akan di laksanakan jenjang Sekolah dasar(SD) / madrasah ibtidiyah (MI) tahun pelajaran 2019/2020 merupakan penilaian belajar yang di laksanakan oleh satuan pendidikan. Hal ini bertujuan untuk menilai  dan mengukur kompetensi peserta didik untuk semua mata pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. 

Kata mantan inspektur Rohil ini, penilaian untuk ujian oleh satuan  pendidikan pada peserta didik dapat menggunakan bahan di antara portopolio, penugasan, tes tertulis dan bentuk lain yang di tetapkan satuan pendidikan.

"Intinya penilaian ujian sesuai kompetensi yang diukur berdasarkan standar nasional pendidikan,"ujar Kadisdik Rohil Muhammad Nurhidayat.

Dijelaskannya, untuk ujian tertulis pada 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) akan disiapkan oleh kelompok kerja  guru (KKG) se Kabupaten Rokan Hilir. 

Sementara Master soal 3 (tiga) mata pelajaran tersebut akan diserahkan ke korwil bidang pendidikan masing-masing sebelum pelaksanaan Ujian Sekolah (US).

Selain 3 (Tiga) mata pelajaran tersebut, lanjut Nurhidayat, semua soal ujian disiapkan oleh satuan pendidikan yang mengacu kepada Permendikbud Nomor 43 tahun 2019.

"Panduan penulisan soal ujian sekolah dan penulisan soal HOTS ( Higher Order Thinking Skill) dari Puspendik Kemendikbud,"jelasnya.

Kemudian itu, kepala sekolah diharapkan melaksanakan Sosialisasi kepada Guru dan tenaga kependidikan serta wali/orang tua siswa kelas akhir.

"Untuk membuat prosedur atau pedoman pelaksanaan ujian sekolah di sekolah masing - masing dengan membuat SK panitia, pengawas US dan membentuk tim penulisan soal dan penilaian lainnya," pungkasnya. Dgt