Ekonomi

Gas LPG 3Kg Mahal, Ini Penjelasan Disdagperin Inhil

INHIL, RIAULINK.COM - Banyaknya masyarakat yang mengeluh mengenai harga elpiji 3 kg yang tiba-tiba berubah dan tidak menentu bahkan menembus harga Rp 50.000. 

Menurut pantauan Riaulink.com dilapangan, Faktanya harga elpiji memang bervariasi, rata-rata diatas harga HET yang telah ditentukan yakni Rp 21.500.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Melalui Kabid Perdagangan Arispuddin, S.Sos. M.Si didampingi Kasi Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Ifdiarman mengakui ada kenaikan harga gas Elpiji 3 kg di masyarakat yang tidak sesuai dengan HET.

"Pangkalan tidak akan berani menaikkan HET, karena sudah ada aturannya, yang sering terjadi berubahnya harga adalah di pengecer. Pengecer hanya boleh menaikan harga elpiji 3 kg itu sebesar 2 ribu rupiah, namun karena seringnya gas tersebut berpindah tangan, maka harganya pun pasti naik," jelas Arispuddin.

Menanggapi maraknya penjualan elpiji yang jauh dari harga HET, Pihak Disdagperin akan memanggil distributor, agen atau pangkalan elpiji 3 kg untuk membicarakan hal tersebut. 

"Kami masih menampung Keluhan-keluhan masyarakat, dan akan mengadakan rapat dengan distributor, agen dan pangkalan gas elpiji," Sebutnya.

Selain itu, Arispuddin juga menyebutkan bahwa besar dugaan penyebab harga gas elpiji 3 kg berubah, dikarenakan seringkali gas elpiji 3 kg "berpindah tangan" dari pangkalan satu ke pangkalan lainnya, dan dari pengecer satu ke pengecer lainnya.

Lanjutnya, Arispuddin juga berpesan kepada pangkalan gas elpiji agar bisa memberikan kontribusi di Inhil khususnya Penyaluran gas Elpiji untuk tepat waktu dan untuk tidak melakukan penimbunan gas elpiji.

"Jika ada indikasi penimbunan akan ada sanksi dari Dinas terkait. InsyaAllah kami juga akan melakukan sidak ke Pangkalan dalam waktu dekat," Jelasnya.

Tambahnya, saat ini ada sebanyak 238 Pangkalan Elpiji yang terdata yang tersebar di Inhil. "Kita akan terus mendata dan memantau pangkalan elpiji yang ada di inhil demi tersalurnya kebutuhan masyarakat," Sebutnya. (Jb)