Politik

Balon Bupati dan Wakil Bupati Jalur Perorangan Warnai Pilkada Inhu

INHU, RIAULINK.COM - Suhu Pilkada (pemilihan kepala daerah) di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau kian terasa. Bahkan, pada kontestasi Pilkada serentak yang akan digelar pada, Sebtember 2020 mendatang, diwarnai oleh dua pasang bakal calon jalur perseorangan. 

Dan kedua pasangan itu, telah menyerahkan syarat dukungan mereka ke KPU (Komisi Pemilihan Umum). Yakni, pasangan Rezita Meylani - Junaidi Rachmad, dan disusul hari ini oleh H Nurhadi - Toni Sutianto.

Bahkan, sepertinya mereka sudah sejak lama mempersiapkan diri, dan siap untuk berlaga memperebutkan kursi orang nomor satu di Inhu Itu.

Penyerahan syarat dukungan bakal calon jalur perseorang itu, dibenarkan Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida. Yenni mengaku, hingga saat ini sudah dua bakal paslon yang menyampaikan syarat dukungan ke KPU Inhu.

"Hingga saat ini, sudah ada dua pasang bakal calon yang telah menyerahkan syarat dukungan ke KPU Inhu," kata Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida, menjawab RiauLink.com, Senin (24/2/2020).

Untuk pasangan Rezita-Junaidi, dokumen dukungan yang diserahkan sebanyak 40.824, dan yang diinput ke Silon (sistim informasi pencalonan), sebanyak 40.824. 

Sedangkan untuk pasangan Nurhadi-Toni, dukungan yang diserahkan sebanyak, 28.487, dan yang telah diinput ke Silon sebanyak 28.487.

Dokumen syarat dukungan yang diserahkan itu antara lain, surat pernyataan yang telah ditanda tangani oleh pemberi dukungan? dan dilampirkan foto copy KTP elektronik pendukung.

"Dan atas syarat dukungan yang diajukan keduanya, dinyatakan diterima dan selanjutnya akan kita lakukan tahap pemeriksaan administrasi," tutur Yenni.

Untuk tahap pemeriksaan administrasi sendiri sambung Yenni, akan dilakukan sejak tanggal 27 Februari hingga 25 Maret 2020. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan beberapa tahapan selanjutnya. 

Dan apa bila, masih ditemukan adanya kekurangan dari berkas yang diajukan pasangan bakal calon tersebut, maka KPU akan memberikan waktu untuk melakukan perbaikan.

"Sesuai tahapan, waktu perbaikan dokumen, akan dilakukan pada bulan Mei 2020 mendatang," tutup Yenni menerangkan, seraya berharap proses Pilkada di Inhu dapat berjalan lancar, aman dan tertip.(Jef)