Sosbud

Melestarikan Permainan Rakyat yang Tak 'Terjamah' Anak 'Zaman Now'

ROKANHILIR, RIAULINK.COM - Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno membuka acara open turnamen gasing bupati cup 2020 di Kepenghuluan Labuhan Tangga Keci, Kecamatan Bangko, Ahad (23/02/2020) malam.

Tampak hadir ketua DPRD Rohil Maston mendampingi Bupati Rohil, Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rahman Wahyudi,Spol, para Asisten Pemkab Rohil, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau-Rohil H Rashyd Abisar, mantan Wakil kmKetua DPRD Rohil M.Ridwan, Camat, Penghulu, Perangkat desa dan tokoh masyarakat, tokoh agama serta sejumlah masyarakat labuhan tangga kecil.

Rasid Abizar selaku Ketua Lembaga Adat Melayu Riau menceritakan masyarakat yang agraris yang bertani bercocok tanam ketika dia istirahat anak – anaknya bermain suatu benda dari kayu stik kasti itu permainan yang sangat indah kemudian ada lagi namanya Patuk Lele ini merupakan permainan-permainan masyarakat yang tersusun dari zaman dahulu yang diturunkan agar generasi muda bisa menepis budaya-budaya luar. 

"Budaya westernisasi masa modern saat ini cukup tajam sekali masuk ke daerah kita ni tangkis dengan budaya Buddha yang terkenal suralaga racing ini termasuk nanti ada ini merupakan kearifan lokal itu muatan -muatan lokal ya nanti ya khusus Dinas Pendidikan ini bersama lembaga adat akan Bagaimana permainan ini bisa dibudayakan," katanya.

Bupati H. Suyatno Rohil H.Suyatno mengatakan, open turnamen gasing Bupati Cup 2020 sangat ramai diminatai dan perlu dinerikan apresiasi.

"Saya melihat pemain tradisional klasik ini ini sangat luar biasa yang mendapat laporan dari Datuk penghulu bahwa peserta dari Panipahan juga hadir ini dari beberapa Kecamatan juga hadir, artinya gasing ini banyak peminatnya jadi saya harap kelestarian gasing yang ada di daerah kita  terus dipertahankan," ujar Bupati.

Bahkan peserta sangat antusias masyarakat dan semangat meski tempat acara ini hanya sebuah kepenghuluan yang jauh dari kota, tapi Alhamdulillah hari ini cukup ramai sekali bahkan masyarakat yang berkunjung melihat Open Tournament Gasing yang mungkin ini baru pertama kali ini sangat ramai.

Puluhan peserta andil dalam turamen ini yang memperebutkan berbagai kelas perlombaan. Bahkan Bupati berharap agar kedepan nisa dibuat turnamen lebih besar lagi karena memang permaina. gasing sangat merakyat dan banyak ditemukan di desa-desa yang ada di Rohil. (Dgt)