Metropolis

HPSN, Walikota Dumai Dan Pertamina Ajak Masyarakat Perangi Sampah

Keterangan foto : Wako Dumai, Zul AS saat akan mengendarai bantuan kendaraan pengangkut sampah yang diberikan oleh Pertamina kepada DLHK Dumai, yang di atasnya bersama forkopimda Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah melaksanakan aksi bersih-bersih di Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur yang digelar PT  Pertamina (Persero) RU II Dumai.

Sebagai daerah yang kerap dijuluki sebagai kota Industri, pihaknya memiliki tugas yang lebih berat dalam menciptakan kondisi lingkungan yang lebih nyaman bagi masyarakat Dumai.

Salah satu program yang dilaksanakan adalah pembentukan organisasi perangkat daerah (OPD) yang khusus menangani persoalan sampah.

Menurut dia, Minggu (23/2/2020) di sela kegiatan, sampah membawa dampak terbesar dalam kehidupan. Terutama sampah rumah tangga, merupakan penyumbang sampah terbesar di Indonesia. 

Sementara itu Pemko Dumai telah memiliki program dalam mengendalikan sampah. Meskipun dia berharap sampah bukanlah tugas pemerintah saja melainkan dibutuhkan kerjasama yang baik dengan semua lapisan masyarakat.

Sebab selama ini, warga Dumai sangat sering mendengar aksi bersih-bersih namun masih ada oknum yang tak maubtahu soal kebersihan komunal.

"Sehingga pada HPSN ini kami atas nama pemerintah dan 300 orang lainnya ikut turun ke lapangan dalam aksi bersih-bersih di jalan ini untuk berpartisipasi pada kegiatan Pertamina ini,"ucap dia.

Karenanya, hendaknya momentum bersih-bersih yang ditaja PT Pertamina II Dumai dijadikan edukasi dan mengingat kan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan

"Dengan momentum ini, kita kembali mengingatkan dan mengajak kepada masyarakat untuk terus peduli, jangan lelah mengedukasi dan teruslah mengingatkan kepada semua orang untuk tidak membuang sampah sembarangan,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, PT Pertamina RU II Dumai menyerahkan secara simbolis bantuan kenderaan pengangkut sampah kepada Pemko Dumai.

“Saya percaya kendaraan pengangkut sampah ini pasti sangat berguna untuk sarana kebersihan di Kota kita,” ungkap Walikota Dumai.

Sementara itu Pjs GM Pertamina RU II Permono Avianto menyatakan Peringatan HPSN  ini dilaksanakan sebagai upaya untuk semakin meningkatkan kesadaran insan Pertamina dan juga masyarakat terhadap pentingnya mengelola sampah.

Tidak hanya melibatkan internal Pertamina, pada Peringatan HPSN 2020,pihaknya juga mengundang lebih dari 250 peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat.

“Di antaranya perwakilan Kelurahan Tanjung Palas, Jaya Mukti dan Teluk Binjai, perwakilan OSIS SMP dan SMA Kota Dumai, serta perwakilan BEM Kota Dumai. Semoga melalui event ini, semangat kepedulian sampah dapat semakin dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat”, ungkap Permono.

Lebih lanjut Permono menjelaskan selain sebagai wujud keterlibatan Pertamina RU II dalam Peringatan HPSN 2020 ini, kegiatan bersih-bersih ini sejatinya menjadi bentuk pelestarian tradisi masyarakat Indonesia yang mungkin telah banyak ditinggalkan yakni gotong royong.

Pada kegiatan ini peserta diajak bergotong royong menyusuri kawasan Jalan Puteri Tujuh untuk bersama-sama mengumpulkan sampah. 

"Hal yang unik dari kegiatan ini, plastik pengumpul sampah yang digunakan merupakan bioplastik berbahan dasar singkong yang dapat diurai mikroba alami dengan cepat,"tukasnya.(Rls)