Sosbud

Disayangkan, Jumlah Penerima PKH di Dumai Menurun karena Malu Disebut Miskin

Kepala Dinas Sosial Hasan Basri

DUMAI, RIAULINK.COM - Kepala Dinas Sosial Kota Dumai mengatakan jumlah program keluarga harapan (PKH) mengalami penurunan atau graduasi. Dari 5.339 penerima rumah tangga miskin (RTM) sekarang menjadi 5.310 penerima RTM.

Dikatakannya sejumlah faktor pun menjadi alasan mengapa penerima RTM berkurang, selain dirasakan sudah mampu karena perekonomian mengalami peningkatan juga mereka merasa malu mendapat bantuan sebab rumah mereka dipasang stiker sebagai keluarga miskin oleh petugas.

Jumlah tersebut berkurang berdasarkan validasi data yang dilakukan oleh tim pendamping PKH di lapangan.

Sehingga para tim pun menilai apakah mereka masih berhak menerima atau tidak.

"Jadi banyak yang sudah mengundurkan saat ini, hal ini kita ketahui dari pendamping mereka. Dan para tim pun turun ke lapangan untuk memastikannya apakah mereka masih berhak menerimanya atau tidak,"ucap Hasan kepada wartawan, Rabu (19/2/2020).

Ia juga merincikan para komponen yang berhak menerima PKH tersebut seperti ibu hamil, pendidikan anak, penyandang disabilitas hingga lanjut usia (lansia).

Namun ia juga tidak bisa memastikan jumlah PKH akan terus berkurang, melainkan bisa saja bertambah, untuk itulah saat ini pemerintah fokus pada bantuan sosial dari segi pemberdayaan masyarakat dengan bantuan modal usaha.

"Kemungkinan, untuk bantuan sembako dikurangkan, jadi pemerintah membantu dari segi modal usaha yang nantinya kita akan bekerjasama dengan pihak bank,"papar dia lagi.

"Sehingga kita pun berharap dengan adanya bantuan modal usaha ini, semoga warga miskin di Dumai terus berkurang,"tukasnya.(kll)