Kesehatan

Imigrasi Siak Pastikan 12 TKA PT Indah Kiat Asal Tiongkok Negatif Virus Corona

SIAK, RIAULINK.COM - Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi Siak, Provinsi Riau, memastikan 12 tenaga kerja asing asal Tiongkok di Pabrik Kertas PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang negatif Virus Corona setelah diobservasi 14 hari.

"Kami sudahtinjau ke sana (PT IKPP), 14 hari hasil observasinya tanggal 14 Februari kemarin sudah clear," kata Kepala Imigrasi Kelas II TPI Siak, Anak Agung Bagus Narayana di Siak, Selasa (18/2/2020) dilansir dari Antara.

Dia mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan dinas kesehatan, dinas transmigrasi dan tenaga kerja, serta satuan polisi pamong Praja di Siak untuk mengecek langsung. Ada 12 TKA PT IKPP saat itu baru datang dari Tiongkok pada 30 Januari lalu.

Para pekerja itu, kata dia ketika datang sudah dilakukan karantina khusus yang disiapkan perusahaan. Sebelum masuk ke IKPP, lanjut dia juga sudah dilakukan pemeriksaan observasi di Rumah Sakit Eka hospital Pekanbaru.

"Kami sudah lihat mereka didampingi dokter yang menangani di IKPP dan hasil observasi yang dilakukan Dinkes Siak menyatakan itu negatif. Jadi di Siak khususnya di IKPP tidak ada yang Corona," tegasnya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya Imigrasi Siak bukan merupakan tempat masuk kedatangan dari luar negeri sehinggatak ada pemeriksaan imigrasi. Makanyaberkoordinasi dengan yang ada di Bandara Pekanbaru maupun di Pelabuhan Bengkalis.

Secara umum dikatakannya bahwa Imigrasi Siak saat ini menerbitkan kartu izin tinggal terbatas (Kitas) sebanyak 186 orang. Dari jumlah itu yang TKA adalah sebanyak 116 orang, selebihnya anak istrinya.

"Semuanya bekerja di bawah Sinar Mas, yang banyak dari India bekerja di perkebunan. Tiongkok banyak kerja di 'engineering'. Tahun 2019 enam orang dideportasi karena penyalahgunaan izin pakai izin wisata," tambahnya.