Metropolis

Cegah Kericuhan saat Unjuk Rasa, Ini yang Dilakukan Sat Intelkam Polres Meranti

MERANTI, RIAULINK.COM - Sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadinya kericuhan saat unjuk rasa. Sat Intelkam Polres Kepulauan Meranti menggelar pertemuan tatap muka dengan elemen mahasiswa se Kepulauan Meranti.

Diketahui Riaulink.com dilapangan, Senin (18/02/2020) yang berlangsung di lantai Dua Coffee Tieam mengusung tema “Sinergitas Akademisi Mahasiswa dan Kepolisian dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif” ini dihadiri Kasat Intelkam Polres Meranti, AKP Saiful, Ketua MUI Ustad H Mustafa, Dosen AMIK Selatpanjang Yeni Erayani, Ketua Sapma PP Bobi Iskandar, Ketua BEM Se Kepulauan Meranti, Jajaran Satuan Intelkam Polres Meranti dan beberapa tokoh mahasiswa.

Tatap muka itupun langsung dipimpin oleh Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lumkman Nurhidayat SIK MH dalam hal ini Kasat Intelkam Polres Kepulauan Meranti, AKP Syaiful. Dalam penyampaiannya ia mengatakan, fungsi strategis dari intelijen keamanan Polri yakni melakukan deteksi dini atas ancaman dan gangguan keamanan ditengah-tengah masyarakat.

Dikatakannya, guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif Polri tidak bisa bekerja sendiri namun perlu dukungan dan kerja sama dari semua pihak.

"Dalam segala hal Polri dengan masyarakat harus bersinergi untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," sebut AKP Syaiful diruang Kerjanya. 

Menurut Syaiful, kericuhan dalam domonstrasi (unjuk rasa) harus dioptimalkan agar tidak menimbulkan kericuhan berkesinambungan. Tindakan ini juga menjadi bagian dari upaya koordinasi dengan elemen mahasiswa agar potensi kerusuhan saat demo nantinya tidak terjadi.

"Apalagi momen saat ini mendekati Pilkada, kontra propaganda pasti akan terjadi. Kita harapkan setelah ini mahasiswa bisa berkoordinasi dengan kita. Manfaatnya pencegahan dini bisa berjalan dengan baik, dan tuntutan mahasiswa bisa diterima oleh pemerintah daerah," pintanya.(Aldo)