Nasional

Sensus Tahun 2020 Dimulai Malam ini, Akses Disini

RIAULINK.COM - Sensus tahun 2020 akan dimulai pada malam ini, tepat pada pukul 00.00 WIB web sensus.bps.go.id sudah bisa diakses, Jum'at (14/2/2019).

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir, Ajid Hajiji saat dikonfirmasi melalui selulernya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mengisi sensus penduduk online melalui web sensus.bps.go.id 

Adapun dokumen yang dipersiapkan saat pengisian data, katanya masyarakat mempersiapkan Kartu Keluarga, e-KTP, Nomor Surat Nikah. 

"Saat pengisian data sensus penduduk tahun 2020, disiapkan dokumen KK, KTP, Nomor Surat Nikah. Kemudian dihimbau kepada masyarakat agar dapat mengisi sensus penduduk online melalui web sensus.bps.go.id," papar Ajid Hajiji kepada media. 

Hajiji menyebutkan data adminduk menjadi data dasar. Selanjutnya, sambung Hajiji, Sensus penduduk online (sp online) yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 februari 2020-31 maret 2020 ini, menjadi langkah perdana atau tahapan awal dan selanjutnya akan ada lagi tahapan kedua yakni akan dikunjungi pada 1 sd 31 juli 2020, dengan cara wawancara door to door, menggunakan kuesioner.

"Untuk masyarakat yang belum mengisi melalui sensus online, akan dikunjungi pada 1 sampai dengan 31 Juli 2020, dengan cara wawancara door to door, menggunakan kuesioner," jelasnya. 

Hajiji kembali menjelaskan, untuk pengisian data yang bersumber pada Kartu Keluarga namun pada dasarnya Kartu Keluarga tersebut masih menggunakan data lama ia menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan data yang diketahui sesuai kondisi. 

"Pada saat sensus penduduk (sp2020) kita mengisikan sesuai kondisi saat ini.  Seperti status pendidikan yang di Kartu Keluarga tercatat masih SMP namun kondisi sekarang sudah tamat SMA jadi pendataannya ditamatkan, begitu juga dengan pekerjaan, alamat, dan lain sebagainya," imbuhnya.