Peristiwa

Berkedok Tukar Poin, Tabungan Rp 57 Juta Warga Dumai Raip

DUMAI, RIAULINK.COM - Tindak pidana penipuan dengan mencatut nama bank kembali terjadi. 

Kali ini terjadi pada seorang pemuda asal Jalan Baru, Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur bernama Ricky Nero (22).

Akibat tindakan penipuan itu, dirinya pun harus kehilangan uang tabungannya sebesar Rp59,4 juta.

Hal ini dikatakannya kepada awak media, Jumat (14/2/2020). Ricky memaparkan jika kejadian tersebut bermula pada Sabtu, 8 Februari 2020 lalu sekiranya pukul 16.25 WIB, tepatnya di depan gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur.

Kala itu korban mendapat telepon dari orang yang mengaku petugas BRI pusat. Dari percakapan tersebut, korban mendapatkan tambahan point sebesar 300, dan point tersebut bisa ditukarkan kepada pihak bank terdekat dengan tempat tinggal korban.

Kemudian mereka lakukan pertemuan di ATM BRI terdekat. Pelaku meminta enam digit angka kode OTP kepada korban. Korbanpun secara yakin memberikannya, selanjutnya pelaku meminta kembali angka ke tujuh sampai angka terakhir yang terakhir tertera di kartu anjungan tunai mandiri (ATM)dengan alasan untuk konfirmasi apakah benar akun bank tersebut milik korban atau tidak.

Usai korban memberitahukan tujuh angka tersebut tiba-tiba terjadi transaksi pembelian barang yang korban sendiri tidak tahu bahkan melakukannya.

Kemudian korban juga mendapatkan pesan singkat tentang pemberitahuan bahwa pelaku sudah melakukan transaksi di dua toko online shopping yakni Lazada dan Tokopedia termasuk pengiriman uang ke beberapa rekening dari rekening korban.

Di lain kesempatan, ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira melalui Kasat Reskrim Polres Dumai AKP Dhani Andika, Jumat (14/2020) mengatakan, belum mendapatkan laporan dugaan penipuan tersebut.

“Bentar saya cek dulu ya, belum ada laporannya nanti saya kabari lagi,” ujarnya singkat.(Kll)