Riau

Mantapkan Persiapan Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Jailani, Panitia Lakukan Koordinasi ke Bupati Inhil

Bupati Inhil Saat Rapat Bersama Panitia Pelaksana Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Jailani

RIAULINK.com - Jelang helat Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Jailani, Syekh Nawawi Siddiq Berjan, Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahhab, dan Haul Jama serta Peringatan HUT Ponpes Al Baqiatussa Adiyyah ke-18 dan HUT Majelis Taklim Al Hidayah ke-22 Cabang Inhil-Riau Tahun 1440 H/ 2019 M yang akan dilaksanakan tanggal 4 Januari mendatang, panitia lakukan konsultasi bersama Bupati Inhil Drs HM Wardan MP di Kediaman Bupati Jalan Trimas Tembilahan, Selasa (4/12).

Ketua panitia H Rusli Kurnain menyebut bahwa pihaknya sudah menggelar dua kali rapat panitia. Hal tersebut demi kesuksesan acara akbar tersebut.

"Insya Allah persiapan kami sudah hampir matang, mudah-mudahan persiapan lebih baik dari dan acara berlangsung lebih baik dari pada tahun-tahun yang sudah," tuturnya.

Dikatakannya acara tersebut akan diisi ceramah agama oleh salah satu Ulama Kondang di Tanah Air, Ustad Abdul Somad.

Sementara itu, Bupati Inhil mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan.

"Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Jailani ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah sejak tahun berapa saya kurang tahu, hanya saja dulu dilakukan secara internal oleh Tuan Guru Kita H Muis Kurnain di tempat pengajiannya," ujarnya saat ditemui usai rapat.

Oleh sebab itu, mulai tahun 2014 Orang Nomor Satu di Negeri Magrib Mengaji ini menjadikan haul akbar tersebut menjadi salah satu even wisata religi di Inhil dengan cara dilaksanakan secara umum untuk semua kalangan. 

"Sejak 4 tahun lalu, saya membesarkan ini. Kita laksanakan di Lapangan Upacara Gajah Mada Tembilahan. Selaku Pemda, saya katakan kepada panitia sangat mensupport untuk kegiatan seperti ini. Karena kegiatan ini sudah masuk agenda kegiatan yang didukung oleh Pemda maka butuh kerjasama yang baik. Nanti juga ada tamu dari beberapa provinsi tetangga, dari Jambi dan Tanjung Jabung. Kita juga akan berkonsultasi dengan tamu dari Malaysia, maka diperlukan persiapan yang maksimal," harapnya.

Bupati mengajak agar masyarakat Inhil turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan akbar tahunan ini. "Acara terbuka untuk umum, jadi semua masyarakat bisa hadir," tutupnya.