Metropolis

Jelang Turnamen Gasing, Labuhan Tangga Kecil Berhias

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Menjelang Perhelatan Akbar Open Turnamen Gasing Piala Bupati Rohil ke I Tahun 2020 yang akan dibuka secara resmi oleh Bupati Suyatno, Pemerintah Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, Kecamatan Bangko, kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mulai melakukan kegiatan penataan keindahan di desa itu.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan desa tersebut sebagai tuan rumah dari kompetisi permainan tradisional ini.

Pantauan di lapangan terlihat sebagian aparatur pemerintahan bekerja sama dengan masyarakat tampak sibuk membangun pagar kayu kiri kanan jalan, yang kemudian dicat dengan warna merah putih, sementara yang lainnya tengah melakukan pembersihan median jalan sehingga terlihat bersih dan sedap dipandang mata.

“Kami bangga dipercaya sebagai tuan rumah pertama dari turnamen berskala kabupaten ini, sebagai tanggungjawab, kami mencoba memberikan apa yang mampu kami berikan,” kata Penghulu Labuhan Tangga Kecil Eduar Adi , Jumat (14/2/2020).

Selain itu, dilokasi sudah berdiri dua gelanggang gasing lengkap dengan jaring yang sudah terpasang dan siap untuk digunakan, juga telah terbangun jembatan kayu yang kokoh untuk menuju arena turnamen.

Didalam arena lampu lampu sudah terpasang rapi. Jelang pembukaan arena tersebut digunakan para pemain untuk latihan khususnya pada malam hari. Juga terlihat para pedagang mulai mendirikan pondok pondok kedai minuman dan makanan di pinggir arena.

“Kami coba berbenah apa yang perlu untuk dibenahi demi menyambut Orang nomor satu di Rohil membuka open turnamen gasing ini,” tambahnya.

Ditanya soal pendanaan pembangunan pagar jalan itu, Penghulu Eduar Adi mengatakan kegiatan itu bersumber dari inisiatif pemerintah desa dan dibebankan kepada swadaya masyarakat yang mau berpartisipasi.

“Ini merupakan kegiatan gotong royong masyarakat, dananya kami coba himpun dari masyarakat yang mau dan mampu,” sebut Penghulu dua periode ini.

Sementara itu ketua Panitia Turnamen Rudiyanto S,IP, mengatakan semua persiapan sudah komplit.

“Semua persiapan sudah matang, tinggal kapan pak bupati ada waktu untuk membuka secara resmi turnamen ini,” kata Rudiyanto. Dgt