Kesehatan

Kadinkes Riau Tinjau Kesiapan Petugas Pelabuhan Dumai Deteksi Suspect Virus Corona

Keterangan foto : pemasangan thermal scanner di pelabuhan penumpang.(hlc)

DUMAI, RIAULINK.COM - Sebagai salah satu pintu masuk jalur internasional melalui laut, Pelabuhan Dumai menjadi perhatian khusus dalam melakukan pengecekan dini untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona.

Sebab wabah Virus Corona sudah melanda Negara Singapura, bahkan berdasarkan data dari otoritas Singapura sudah 47 kasus Virus Corona di negaranya.

Sementara Singapura merupakan negara yang sangat dekat dengan Batam, dan Batam merupakan salah satu tujuan perjalanan melalui laut ke Dumai begitu sebaliknya.

Hal ini yang membuat Kepala Dinas kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir melakukan pemantauan dan pengecekan langsung tentang kesiapan petugas kesehatan pelabuhan penumpang Pelindo I Cabang Dumai.

Dengan menggunakan alat pendeteksi dini  Virus Corona yang namanya kini berubah menjadi Covid-19 yakni Corona Virus Desease atau penyakit yang disebabkan Virus Corona sehingga mengakibatkan pernafasan akut yang terjadi tahun 2019 dengan menggunakan thermal scanner.

"Ini dilakukan perlu untuk memastikan alat pengukur suhu tubuh (thermal scanner) itu berfungsi atau tidak,"ungkap Mimi

Dikatakannya setelah dilakukan pemeriksaan memang tidak ditemui penumpang yang terinfeksi Virus Corona.

"Atau suhu tubuh melebihi 38 derajat Celcius,"papar dia.

Tak itu saja, petugas kesehatan juga memberikan kertu kewaspadaan kesehatan kepada penumpang yang nantinya disimpan selama 14 hari.

"Kartu kewaspadaan kesehatan ini diberikan, sebagai indikator dan bukti bahwa pasien sakit usai bepergian dari luar negeri,” jelas Mimi.

"Apabila penumpang tersebut merasa mengalami gejala Virus Corona untuk segera mendatangi RSUD Kota Dumai,"imbuhnya mengingatkan.

Ia juga menekankan kepada seluruh petugas pelabuhan, untuk tetap menjaga kesehatan, menjaga kebersihan diri, dan apabila mengalami sakit untuk segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan.

"Kita juga menginstruksikan semua RSUD dan rumah sakit tipe B di seluruh Provinsi Riau untuk menyiapkan ruangan khusus dilengkapi dengan peralatan khusus untuk menangani penderita Virus Corona,"cetusnya mengakhiri.

Termasuk mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada. 

"Melakukan langkah antisipasi dengan cara melihara kondisi tubuh agar tetap fit, makan makanan bergizi, serta menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan,"tutupnya.(Kll)