Lingkungan

Siak Penyumbang Titik Api Terbanyak di Riau

SIAK, RIAULINK.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau telah mengeluarkan data titik api yang tersebar di beberapa wilayah Provinsi Riau. Data tersebut dipaparkan saat rapat koordinasi penetapan status siaga darurat Karhutla di Gedung Daerah, Pekanbaru pada Selasa (11/2) kemarin.

Dari data tersebut, luas lahan yang terbakar di Riau telah mencapai 200 hektare lebih dengan titik panas terbesar berada di Kabupaten Siak yang mencapai 98,47 hektare mulai 1 Januari hingga 10 Februari 2020.

Ditambah lagi, kebakaran juga terjadi baru-baru ini di Kampung Mengkapan, Bunsur dan Penyengat, Kecamatan Sungai Apit. Rata-rata 2-5 hektare lahan gambut terbakar yang statusnya milik masyarakat.

Berdasarkan informasi, beberapa wilayah yang terbakar meliputi Kecamatan Siak, Kecamatan Koto Gasib, Kecamatan Mempura, Kecamatan Bungaraya, Kecamatan Sungai Mandau dan Kecamatan Sungai Apit yang merupakan titik api terbesar di Siak.

Mendengar hal itu, Bupati Siak Alfedri akan menindaklanjuti terkait luas kebakaran lahan yang ada di Siak, menurutnya ada kejanggalan atas peristiwa tersebut.

"Kami heran kenapa bertambah terus menerus, dari satu titik yang belum selesai muncul lagi titik api baru. Kami bersama pihak Polres akan menyiasati hal ini, nanti kalau kedapatan ini akan ditindak tegas," Kata Alfedri saat ditemui di Kantor Bupati Siak, Kamis (13/2/2020).

Pemerintah Kabupaten Siak sudah mengupayakan berbagai antisipasi akan terjadi perluasan titik api, termasuk memberlakukan patroli dari pihak terkait.

"Kebakaran ini kan 99 persen karena ulah manusia, makanya kita minta patroli dari BPBD, Satpol PP, Koramil serta kepolisian untuk mencegah adanya masyarakat yang membakar lahan," Tutupnya. (Wahyu)