Lingkungan

Kadiskes Inhil Imbau Masyarakat Agar Tidak Beraktifitas pada Saat Banjir

Kadiskes inhil Zainal Arifin

INHIL, RIAULINK.COM - Sebagian besar jalan di Tembilahan, Inhil terendam air akibat banjir air pasang dan hujan. Banjir juga tampak menggenangi rumah warga.

Pada saat banjir air pasang datang banyak sekali masyarakat terutama anak-anak yang melakukan aktifitas di areal banjir tersebut seperti mandi dan berenang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Zainal Arifin saat dikonfirmasi menyebut bahwa aktifitas masyarakat pada saat banjir datang seperti mandi dan berenang tentu tidak baik bagi kesehatan karena air pasang yang naik kepermukaan jalan tersebut merupakan air kotor yang bisa saja mengandung berbagai bakteri penyebab penyakit seperti penyakit saluran pencernaan seperti Diare, typus, leptospirosis dan Penyakit kulit seperti dermatitis.

"Untuk itu, kita berharap warga selalu waspada dan terus menjaga kesehatannya, agar tidak terserang penyakit pada musim air pasang yang sedang melanda Kota Tembilahan saat ini," Ujarnya kepada Riaulink.com Kamis (13/02/2020).

Selain itu, lanjutnya, perubahan cuaca saat ini juga sangat rentan terhadap penyebaran penyakit-penyakit.

"Kami tentu mengharapkan kepada masyarakat yang lingkungannya terendam air pasang agar dapat menghindari bersentuhan lansung dengan air yang menggenangi permukaan jalan, karena disamping untuk menghindari berbagai penyakit yang akan timbul nantinya, juga untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Tambahnya, Zainal Arifin menghimbau kepada Masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Dengan mencuci tangan dengan air bersih dan memakai sabun, menutup tempat penampungan air agar tidak tercemar dengan air yang kotor dan menutup makanan. (Jb)