Sosial

Festival Kota Pusaka Indonesia di Siak, 50 Kepala Daerah Konfirmasi Hadir

SIAK, RIAULINK.COM - Sebanyak 50 kepala daerah dari keseluruhan 70 kepala daerah kabupaten dan kota pusaka anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) telah mengkonfirmasi kehadiran pada Rapat Kerja Nasional JKPI VIII, dan iven Festival Kota Pusaka Indonesia 2020 di Kabupaten Siak, 3-6 April mendatang. 

"Untuk rombongan pengiring peserta pawai budaya dan karnaval, diperkirakan berjumlah 125 orang per kabupaten kota," kata Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Siak, Hendrisan.

Hendrisan yang juga Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, menjelaskan rangkaian acara akan dimulai setibanya para anggota dan kontingen di Kota Pekanbaru. Itu melalui Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pada 3 April mendatang.

Para tamu yang datang akan disambut dalam penyambutan secara adat di Gedung Lembaga Adat Sultan Yahya Muzaffar Syah, Siak. Kemudian dijamu santap malam di situs cagar budaya Tangsi Belanda dan mengikuti pembukaan di Panggung Siak Bermadah.

Keesokan harinya panitia akan melaksanakan pameran manuskrip kuno dan pembukaan bazar di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II, Kecamatan Mempura. Pada waktu yang sama, juga akan dilaksanakan program Pengenalan Budaya Untuk Pelajar (Master Class) di Gedung Kesenian, dan Ladies Program bertempat di Taman Tengku Agung Siak Sri Indrapura.

Siang hingga sore harinya, Karnaval Budaya Kota Pusaka Indonesia di depan Istana Siak Asserayah Al Hasyimiah. Selain itu juga digelar Festival Sungai Siak (Karnaval Perahu Hias) di Tepian Sungai Jantan untuk turut memeriahkan rangkaian kegiatan.

“Rangkaian akhir kegiatan akan diisi dengan agenda Penanaman Pohon oleh para kepala daerah peserta JKPI di areal Gedung Daerah dan akan dilanjutkan dengan Seminar Internasional JKPI serta rangkaian acara penutupan," ujar Hendrisan.

Terkait hal itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin menyebut saat ini progres persiapan sudah mencapai 75 persen. Berbagai bentuk persiapan pelaksanaan , saat ini terus digesa oleh Pemerintah Kabupaten Siak bersama seluruh stakeholder lewat kepanitiaan kegiatan.

"Jadwal pelaksanaan tersebut juga telah disampaikan Bapak Bupati Siak dalam pertemuan bersama kepala daerah lainnya peserta JKPI di Jakarta dua pekan yang lalu," sebut Jamal.

Pekan depan katanya seluruh koordinator panitia akan melaporkan kembali progres persiapan kepada bupati. Dikatakannya kemajuan persiapan pelaksanaan kegiatan diharapkan sudah mendekati 100 persen.