Metropolis

Dumai Dinyatakan Zero Virus Corona, Wako : Warga Diminta Tetap Waspada

Keterangan foto : Wako Dumai, Zul AS saat meninjau alat thermal scanner di Pelabuhan Penumpang Internasional Pelabuhan I Cabang Dumai.

DUMAI, RIAULINK.COM - Kota Dumai dinyatakan Zero Virus Corona. Hal ini diungkapkan Wali Kota Dumai, Zulkifl Adnan Singkah saat meninjau langsung terminal penumpang internasional Pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai.

Namun ia meminta masyarakat tetap waspada sebab pelabuhan Dumai banyak dikunjungi kapal asing.

“Hingga kini belum ada ditemukan yang sudah terinfeksi, termasuk penumpang kapal luar negeri. Kota Dumai Zero Virus Corona,” tegas dia usai meninjau alat thermal scanner (pemindai suhu tubuh), Senin (27/1/2020).

Meskipun Dumai sebagai kota pelabuhan, namun berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, Dumai tidak termasuk 19 daerah waspada virus Corona.

“Kita aman, namun harus tetap waspada dengan mempersiapkan fasilitas pemantau maupun rumah sakit untuk observasi,” ujarnya.

Dari pantauan Wako Dumai tersebut terdapat dua thermal scanner tersedia sesuai standar.

Salah seorang Petugas Kesehatan Pelabuhan (PKK) Dumai Yusfinaldy memaparkan kepada Dumai Satu menjelaskan jika thermal scanner digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia.

Apabila ada seseorang yang demam, maka akan diketahui oleh petugas setelah dicek melalui alat yang dipasang tepat di terminal penumpang pelabuhan Internasional itu.

Thermal Scanner bisa mendeteksi panas suatu benda yang memancar dengan sendirinya.

Perangkat tersebut juga mampu merekam suhu berbagai obyek yang melintas di depannya. 

"Thermal scanner, dapat merekam suhu dengan warna-warna yang berbeda yang bisa dijadikan sebagai indikator,"tuturnya.

Hal senada juga diutarakan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Dumai, H Efrizon.

Dia mengakui belum ditemukan adanya suspeck (terinfeksi) virus Corona di Pelabuhan Internasional Kota Dumai.

“Selama kami melakukan pengecekan penumpang dari Malaysia tidak ada ditemukan suspeck virus corona di terminal internasional Pelabuhan Pelindo I Dumai," tukasnya. (Kll)