Kesehatan

Kapten dan ABK Kapal dari Cina Diperiksa

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Maraknya informasi soal virus corona terus menjadi sorotan. Untuk persoalan itu, Riau juga menjadi perhatian dengan melakukan pengawasan dari segala lini, baik darat, udara dan laut yang dapat menjadi sarana masuknya virus tersebut. 

Poin itu menjadi perhatian, karena Riau memiliki beberapa akses langsung ke negara tetangga. Baik dari udara maupun dari laut yang bersebelahan dengan negara tetangga. 
   
Terkait hal tersebut, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Dumai melakukan langkah proaktif dan melakukan pengawasan. Dimana pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap anak buah kapal (ABK), kapal-kapal dari Cina, yang masuk ke wilayah Dumai. 

Satu persatu ABK diperiksa dengan alat Thermal Scanner, untuk mengetahui suhu badan seluruh ABK termasuk kapten kapal. 

“Ini memang sudah menjadi perhatian ekstra. Kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi masuknya virus corona tersebut,“ ujar Kepala KKP kelas III Dumai, Efrizon. 

Langkah optimalisasi pengawasan tersebut juga  menindaklanjuti surat edaran Dirjen Kemenkes Nomor PM.0402/III/43/2020, pihaknya mulai melakukan pemeriksan terhadap ABK asal Cina. Pihaknya sudah melakukan  pemeriksaan terhadap 17 orang ABK asal Cina yang kapalnya bersandar di dermaga Pelindo Dumai.
   
Untuk pengawasan secara berkelanjutanya pihkanya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinkes dan RSUD Dumai, terkait langkah-langkah jika mendapati ABK yang terkena virus Corona, seperti ruangan khusus dan lain sebagainya. 

Diharapkan Riau khususnya Dumai yang memiliki akses jalur laut tidak terimbas dengan sebaran virus corona yang mulai meresahkan masyarakat.