Riau

Gubri Syamsuar Buka PEDA KTNA ke XVI Tingkat Provinsi Riau di Kuansing

KUANSING, RIAULINK.COM - Gubernur Riau H.Syamsuar membuka secara langsung pelaksanaan Pekan Daerah ( PEDA ) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA ) ke XVI  tingkat Provinsi Riau di Desa Bumi Mulya Kecamatan Logas Tanah Darat ( LTD ), Kabupaten Kuantan Singingi, riau Minggu pagi ( 6/10/2019 )

Gubernur menekankan menuju Riau Hijau 2020 mendatang, “ Kita  ( Riau,red ) sangat yakin sebab dengan luas lahan produktif dan lahan gambut masih cukup luas, petani harus mampu dan mau bercocok tanam guna menuju swasembada pangan”, ujarnya.

Konsep Riau Hijau salah satu upaya pencegahan pembakaran hutan, “saya sudah pesan kepada Bapak Kapolda, untuk lahan yang terbakar, agar di police line nanti kalo ada yg menanam berarti dia yang membakar," tegas Gubri.

Terkait pembukaan lahan ini, pemerintah Provinsi Riau memberikan solusi dengan menggunakan eskavator. Saat ini diusulkan sejumlah eskavator dengan Pemerintah pusat.

"Kita telah mengusulkan bantuan eskavator untuk pengolahan lahan. Tidak hanya melarang membakar, namun kita menawarkan solusi, " ujar Gubri.

Sementara sebelumnya pada saat pembukaan bupati Kuantan Singingi H. Mursini menyebutkan PEDA KTNA ini adalah wadah silaturahmi dan Promosi hasil pertanian, makanya kita harus sukses pelaksanaan, dan Sukses Promosi.

Selain itu kata Mursini, tanah di Kuantan Singingi juga tidak kalah subur dari daerah tetangga ( Sumbar, red ) sudah banyak bukti Petani di Kuantan Singingi yang berhasil menanam dan mengembangkan seperti tanaman bawang, semangka, dan hultikultura lainnya.

Dengan kegigihan serta penyuluhan dari Dinas pertanian saya yakin perekonomian masyarakat Kuantan Singingi bisa meningkat, urainya.

Kemudian berdasarkan pantuan kami pelaksanaan PEDA KTNA di Kuantan Singingi, saat pembukaan Gubri Syamsuar langsung meninjau setiap Stand Pameran hasil Pertanian dari setiap Kabupaten se riau, tampak hadir Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, Waka I Zulhendri, dan Waka II Juprizal, Sekda Kuansing Dianto Mampanini, serat kepala OPD di Lingkup Pemkab Kuansing.(IJK)