Ekonomi

Disambut Bupati Inhil, Dosen Universitas KH.Ahmad Dahlan Tawarkan Produk Merdeka, Mandiri dan Murah dari Kelapa

INHIL, RIAULINK.COM - Bupati HM.Wardan yang didampingi Sekretaris Daerah Said Syarifuddin menerima kunjungan dosen dari Universitas KH.Ahmad Dahlan Jogyakarta di ruang Kerja Beliau lantai 4 Kantor Bupati, Rabu (11/9/2019) siang.

Kunjungan beberapa dosen yang melakukan kunjungan ke Kabupaten Inhil ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil penelitian mereka dari turunan kelapa khususnya kopra putih. 

Dipilihnya Kabupaten Indragiri Hilir sebagai salah satu tempat pengembangan hasil penelitian dikarenakan Wilayah Kabupaten Inhil terkenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki produksi kelapa terbesar di Indonesia.

Suhendra salah satu Dosen di Universitas KH.Ahmad Dahlan Yogyakarta yang dimintai keterangan mengatakan tujuannya datang ke Inhil untuk memperkenalkan hasil riset tentang Produksi kelapa secara umum dan lebih khusus kopra Putih yang menjadi unggulan Kabupaten Indragiri Hilir.

 Mengingat Kabupaten Inhil merupakan Kabupaten terbesar dalam hal produksi kelapa di Indonesia. Untuk itu, maka kami tertarik untuk melakukan kerja sama. 

Terakhir dari hasil produksi kami bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan begitu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indragiri Hilir. Dengan menggunakan produk 3M, Merdeka, Mandiri dan Murah. 

Sementara itu, Bupati HM.Wardan yang diwawancarai awak media mengatakan usai menerima kunjungan Dosen dari Universitas KH.Ahmad Dahlan Jogyakarta ini mengucapkan syukur kepada Allah SWT disaat-saat kita sedang memperjuangkan dan memprogramkan bagaimana potensi kelapa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir ini dapat diolah dengan maksimal hal Ini ditandai berbagai upaya Pemerintah untuk mengangkat ataupun mempromosikan agar kelapa ini memiliki nilai jual yang tinggi. Mengingat harga kelapa saat ini sudah mulai berangsur-angsur naik. Untuk itu, perlu sebuah terobosan atau pembaharuan yang selama ini masyarakat menjual kelapa bulat kedepan hal ini tidak boleh lagi pertahankan harus diolah dari turunan kelapa ini melalui kebijakan pembentukan BUM-Des setiap desa.

Untuk itu, kita bersyukur dengan adanya kunjungan sahabat-sahabat kita dari Universitas KH.Ahmad Dahlan yang sudah melakukan penelitian dan kajian tentang Kopra putih. Dimana pada hari ini masyarakat kita sudah memproduksi kopra Putih tersebut. Tentunya dari hasila kajian ini yang ingin kita manfaatkan. 

Terakhir kunjungan dosen dari Universitas KH.Ahmad Dahlan harus kita tindak lanjuti dan menyambut baik. Kedepan tidak hanya produksi Kopra putih saja tapi akan ada MoU antara Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir dengan pihak Universitas KH.Ahmad Dahlan yang ada di Jogya yang fokus pengembangan di bidang perkapalan ini.(Ray)