Lingkungan

Dilanda Kabut Asap, KSOP Dumai: Antisipasi Cuaca Buruk

Ilustrasi.net

DUMAI, RIAULINK.COM - Selama Dumai dilanda kabut asap selama satu bulan belakangan ini, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Dumai mengeluarkan edaran kepada perusahan dan keagenan pelayaran.

Tentunya edaran ini bertujuan agar perusahaan kapal dan pihak keagenan termasuk nahkoda serta operator kapal lebih bertanggung jawab dalam memperhatikan keselamatan kepada pengguna jasa kapal selama beraktivitas pelayaran.

"Selain itu untuk mengantisipasi adanya gelombang pasang yang bisa terjadi kapan saja di wilayah perairan Indonesia akibat dampak kabut asap yang muncul beberapa pekan terakhir ini, "ujar Kepala KSOP Kelas 1 Dumak, Sanggam Marihot melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai, Yuzirwan Nasution kepada riaulink.com, Rabu (11/9/2019).

Dalam edaran ini, lebih ditekankan kepada keselamatan berlayar dan diutamakan pula pihak perusahaan dan keagenan senantiasa untuk memantau perubahan cuaca.

"Para pengguna jasa pelayaran juga kita tekankan untuk tidak memaksakan atau menunda pelayaran dalam kondisi cuaca yang buruk ini seperti adanya gelombang tinggi dan jarak pandang yang kian terbatas,"ungkap dia lagi menerangkan.

"Sementara bagi kapal yang sedang berlayar agar mencari perlindungan ke tempat yang aman serta menggunakan sarana navigasi yang ada,"sebut dia.

Bagi operator dan nahkoda kapal penumpang kecepatan tinggi dalam mengoperasikan kapalnya harus benar-benar diawaki dengan cukup, jumlah penumpang harus sesuai yang diizinkan tidak melebihi kapasitas. 

Kemudian nahkoda kapal juga harus mengirimkan posisi dan kondisi cuaca kepada stasiun radio pantai secara terus menerus.

"jadi kita berharap agar perusahaan kapal dan lainnya agar menjalankan surat edaran peringatan dini, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang buruk terjadi diperairan,"tukasnya.(Kll)