Nasional

BIN Klaim Kantongi Nama Aktor Dibalik Kerusuhan Papua

RIAULINK.COM - Badan Inteligen Negara mengklaim telah mengetahui aktor yang berada di balik kerusuhan di papua dan Papua Barat. Juru bicara BIN Wawan Purwanto mengatakan hal itu diketahui usai BIN melakukan pemetaan.

"Sudah ada pemetaan ya. Siapa bermain, siapa itu sudah ada pemetaan," ujar Wawan saat dihubungi, Rabu (21/8).

Meski telah diketahui, Wawan enggan menyebut siapa aktor tersebut. Ia hanya menyampaikan BIN telah melakukan antisipasi agar ketegangan di Papua dan Papua Barat mereda.

Lebih lanjut, Wawan enggan menyebut apakah BIN sudah sejak awal mendeteksi potensi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Ia hanya menyampaikan gejala kerusuhan di kawasan itu sudah tampak.

"Hanya memang ini kan kita semua itu harus menahan diri lah artinya tidak gegabah. Baik itu statement maupun juga langkah-langkah hukum. Semua ini kan ada sensitivitas," ujarnya.

Di sisi lain, Wawan menyebut persoalan yang menyangkut SARA lebih cepat menjalar. Sehingga, ia berkata perlu kehati-hatian dalam merespon persoalan tersebut, salah satunya dalam membuat pernyataan.

"Kalau sedang panas berkomentar, pasti komentarnya itu emosional. Kalo sudah emosional itu interpretasi kurang, bisa bermacam-macam," ujar Wawan. 

"Maka cooling down itu penting karena ini sebenarnya kan kesalahpahaman. Kesalahpahaman memaknai ada satu tindakan," ujarnya.

Lebih dari itu, Wawan menyampaikan BIN telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait yang menangani kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

"Apalagi dalam suasana yang sedang onbegini kami melakukan koordinasi," ujat Wawan.