Sport

Terpukau dengan Pacu Jalur Kuansing, Menpar Sumbang Hadiah Rp100 Juta

KUANSING, RIAULINK.COM - Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arif Yahya membuka secara resmi Pacu Jalur Tradisional Kuantan Singingi di Lapangan Limuno Teluk Kuantan, Kamis (21/8/2019).

Dalam arahannya, Menteri Pariwisata Arif Yahya menyampaikan rasa kagum dengan adat dan budaya Kabupaten Kuantan Singingi.

Ia mengatakan, mulai tahun 2020 iven Pacu Jalur Kuantan Singingi ditetapkan sebagai Kalender Pariwisata Nasional.

"Saya kagum melihat  pacu jalur, silakan dilestrikan dan terus kembangkan, agar semakin banyak menarik kunjungan wisatawan dari domestik dan manca negara, tentu dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat," katanya.

Arif melanjutkan, sebuah daerah bisa maju dan berkembang apabila sektor pariwisata dapat di kelola dengan baik. Investasi sektor pariwisata bagi daerah dapat membantu peningkatan pendapatan perkapita masyarakat.

Dia mencontohkan salah satu daerah di Jawa timur yaitu Kabupaten Banyuwangi yang memiliki 99 iven budaya setiap tahun telah berhasil penopang peningkatan pendapatan perkapita masyarakat. Ekonomi kreatif tumbuh dan kunjungan wisata meningkat. 

Diungkapkannya, keberadaan even budaya yang banyak itu, juga menjadi target perusahaan penerbangan domestik, meningkatkan intensitas penerbangan dari domestik dan manca negara.

"Berkat tingginya kunjungan wisatawan ke Banyuwangi perusahaan penerbangan bekerja sama dengan Pemkab setempat melakukan MoU dalam hal mendukung kunjungan wisatawan ke Banyunwangi. MoU itu Kata Arif Yahya dalam hal menekan tinggi nya tarif penerbangan dengan melakukan subsidi daerah ke perusahaan penerbangan tersebut. 

"Tarif penerbangan dari Kuala Lumpur Malaysia - Banyuwangi hanya dengan harga 250 ribu, bayang kan jarak yang begitu jauh dari ujung Jawa ke Kuala Lumpur hanya dengan 250 ribu," ungkap Menteri.

Ini merupakan terobosan Pemerintah Daerah Banyuwangi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah.

Pada kesempatan itu juga Menteri Pariwisata juga menyampaikan untuk memeriahkan dan meningkatkan gengsi even pacu jalur, selayak nya Pemerintah Daerah  dapat terus di tingkatkan. 

Kalau saat ini saya melihat hadiah Pacu jalur masih tergolong kecil, berkisar di angka 65 juta, saya genapkan 100 juta.

"Untuk Pacu jalur tahun ini saya kasih bonus 100 juta, dapat digunakan untuk menggenapkan hadiah juara I Pacu Jalur , menjadi seratus juta, dan sisanya bisa digunakan untuk menambah hadiah berikutnya, silahkan disesuaikan," ucap Arif Yahya. (si)