Serambi islam

Satu Jamaah Calon Haji Kuansing Meninggal

KUANSING, RIAULINK.COM - Innalillahi wainna ilaihi raji’un, kabar duka datang dari Tanah Suci Mekkah. Telah meninggal dunia Susanah Supadi Harjo binti Supadi Harjo Supatmo, jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Kuansing yang tergabung dalam kloter BTH 20.

Dr Anasri Nurdin selaku Ketua Kloter BTH 20 mengatakan, jamaah haji atas nama Susanah Supadi Harjo binti Supadi Harjo Supatmo dengan nomor Paspor C 6237670  meninggal dunia pada 11 Agustus 2019 pukul 15.30 WAS, di Rumah Sakit King Faisal Mekkah.

"Almarhumah merupakan warga daerah RT 05 RW II Kecamatan Kuantan Sako Logas Tanah. Kabupaten Kuantan Singingi, umur 79 tahun. Semoga Allah mengampuni almarhumah dan keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran. Aamiin ya rabbal alamiin," ucap Anasri.

"Jamaah berusia 79 tahun ini diketahui tiga hari setelah sampai di Mekkah, selera makan mulai berkurang. Begitu juga dengan minum asupan airnya juga berkurang.  Hal ini diperoleh dari keterangan pihak keluarga almarhumah Ari Susilo anak beliau," sebut Anasri, Selasa (13/08)

Anaknya sendiri yang menyampaikan kondisi ini kepada dokter kloter. Langsung ditangani dengan memasang cairan infus dan obat-obatan lainnya, sambung Anasri. Mengingat perkembangan kesehatan almarhumah belum ada progress, setelah menghubungi KKHI Susanah lalu dirujuk ke RS King Faisal di Syisah Mekkah ada 5 Agustus 2019.

Anasri menerangkan, setelah beberapa kali jamaah dijenguk ke RS King Faisal, diketahui kondisi Susana masih tetap lemah. “Sampai pada masa berangkat ke Arafah beliau di Badal Haji kan oleh Pihak Daker Mekkah," katanya.

“Akhirnya pada Maghrib 12 Agustus 2019 kami mendapatkan kabar dari KKHI beliau meninggal dunia," ujar Anasri.

Anasri mengaku petugas kloter BTH 20 tengah melakukan koordinasi dengan maktab 2 untuk proses pengkebumian almarhumah. “Diagnosa sakit secara spesifik dari dokter Rumah sakit belum didapatkan, secara umum kondisi almarhumah memang lemah karena tidak ada selera makan, karena sebelumnya beliau memang tidak memiliki riwayat sakit yang serius”, jelasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Almarhumah masih berada dirumah sakit King Faisal sembari menunggu maktab 2 dan Ketua Kloter serta Dokter. Mengingat posisi para petugas masih sedang mengawasi dan menyiapkan jemaah calon haji untuk melontar dan kembali ke Mekkah dengan Nafar Awwal.(si)